persoalan kamtibmas khususnya kejahatan yang melibatkan anak
Jakarta (ANTARA) - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran melantik delapan orang polisi wanita (polwan) untuk menduduki jabatan kepala kepolisian sektor (Kapolsek) di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Fadil dalam pengarahannya di Jakarta, Selasa, menjelaskan, pelaku kejahatan di wilayah Polda Metro Jaya didominasi oleh pelaku anak dan delapan Kapolsek polwan tersebut dinilai sebagai senjata ampuh untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

"Kodrat sebagai ibu dan peran sebagai perempuan menjadi Kapolsek saya kira akan menjadi senjata yang kuat dalam menyelesaikan persoalan-persoalan kamtibmas khususnya kejahatan yang melibatkan anak," kata Fadil.

Fadil juga berharap para polwan tersebut lebih mengayomi masyarakat dengan tujuan mencegah terjadinya kejahatan bukan hanya sekadar melakukan penindakan.

"Saya minta kelebihan Anda sebagai seorang ibu digunakan dalam melakukan pendekatan untuk mereduksi kejahatan. Saya yakin polwan lebih mampu membedakan mana penyakit masyarakat, mana kenakalan remaja dan mana kelompok kriminal. Dengan jiwa pengayom sebagai seorang ibu, saya kira semua ini, Anda bisa tangkap lebih jernih dan lebih tajam," ujarnya.

Baca juga: Peringati Hari Ibu Polwan Polrestro Jaksel berpakaian tradisional

Perwira tinggi Polri tersebut juga berharap delapan polwan tersebut bisa menangani kasus kejahatan terhadap perempuan dengan lebih humanis.

"Perempuan memiliki sensitivitas yang tinggi, perempuan memiliki jiwa anti kekerasan yang tinggi. Perempuan lebih sensitif terhadap kekerasan dan kejahatan seksual, perempuan lebih bisa dan lebih tajam dalam melakukan langkah-langkah lembut (soft)," ujar Fadil.

Adapun delapan polwan yang dilantik sebagai Kapolsek di wilayah hukum Polda Metro Jaya tersebut yakni:

Kapolsek Cisauk dijabat AKP Syabillah Putri Ramadhani

Kapolsek Menteng dijabat Kompol Netty Rosdiana Siagian

Baca juga: Polwan Polrestro Jaksel bantu korban banjir Bintaro

Kapolsek Cimanggis dijabat Kompol Siti Fatimah Said Martandu

Kapolsek Cakung dijabat Kompol Syarifah Chaira Sukma

Kapolsek Penjaringan dijabat Kompol Ratna Quratul Aini

Kapolsek Cinere dijabat Kompol Jun Nurhaida Tampubolon

Kapolsek Sunda Kelapa dijabat Kompol Riza Sativa

Kapolsek Tajur Halang dijabat Iptu Tamar Bekti Widiasih Jalmi

Baca juga: Polres Jakarta Utara libatkan Polwan memotivasi warga datang ke TPS

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022