Batam (ANTARA) - Dua calon haji kloter 12 Embarkasi Hang Nadim Batam batal diberangkatkan ke Tanah Suci karena sakit dan hanya 448 calon haji asal Jambi dan Riau tersebut diberangkatkan melalui Bandara Hang Nadim Batam menuju Kota Jeddah.

"Untuk Kloter 12 ini adalah gabungan Riau dan Jambi, jadi ada jamaah Riau 13 orang, dari Jambi yaitu Kabupaten Sarolangun 117 orang, Merangin 117 orang, Bungo 94 orang, Tebo 101 orang. Semestinya jamaah kita yang berangkat ini 450, tapi karena ada 2 orang yang tertunda kurang sehat jadi kami 448," kata Ketua Kloter 12 Embarkasi Hang Nadim Batam, Herman Hamran di Batam, Senin.

Herman menyampaikan 2 calon haji yang batal berangkat merupakan pasangan suami istri yang berasal dari Provinsi Riau.

"Yang sakit itu istrinya, jadi suami juga tidak ikut berangkat. Mereka jamaah haji dari Riau." kata dia.

Baca juga: 14 calhaj Kloter 12 Embarkasi Batam gunakan jam pintar karena risti

Baca juga: 30 jamaah risiko tinggi Kloter 11 Batam dalam pengawasan TKHI


Dalam keberangkatan ini, usia jamaah yang tertua 64 tahun dan yang termuda 21 tahun.

Selain itu Herman menyampaikan untuk menghadapi kondisi cuaca panas di Tanah Suci yang mencapai 48 derajat, seluruh calon haji kloter 12 diimbau untuk minum air mineral setiap satu jam sekali dan sering membasahi kepala menggunakan semprotan yang telah di siapkan.

"Untuk jamaah memang sudah kita sudah sampaikan di setiap pertemuan manasik haji pertama, mengingatkan cuaca itu panas jadi untuk mengantisipasi ini harus minum satu jam sekali, kemudian kita basahi kepala dengan semprotan yang disiapkan petugas dan ada yang beli sendiri," ujar dia.

Untuk para calon haji, Herman menyampaikan agar jamaah selalu mematuhi aturan yang telah di tetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi, serta mematuhi aturan yang dibuat oleh petugas kesehatan agar pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci berjalan lancar.

"Kami berharap jamaah untuk mematuhi aturan yang dibuat oleh Pemerintah Arab Saudi, dan juga mematuhi yang dibuat oleh petugas kesehatan. Mudah-mudahan semua sehat, aman, lancar, dan dipermudah oleh Allah, dan jadi haji yang mabrur," kata Herman.

Kloter 12 ini merupakan keberangkatan terakhir dari Embarkasi Hang Nadim Batam.

Berdasarkan jadwal pemulangan, Kloter 12 akan kembali  ke tanah air pada tanggal 8 Agustus 2022.*

Baca juga: Sebanyak 457 calon haji Kloter 11 Embarkasi Batam berangkat ke Jeddah

Baca juga: JCH Kloter 1 Embarkasi Batam tiba di Kota Mekkah

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022