Gorontalo (ANTARA) - Seluruh jamaah haji Kloter 14 UPG telah masuk Asrama Haji Provinsi Gorontalo, untuk diberangkatkan menuju Makassar pada Selasa (28/6) pukul 02.00 Wita.

“Semula dijadwalkan masuk ke Asrama Haji pada Ahad malam, tetapi kami ubah Ahad sore kemarin agar para jamaah bisa memiliki waktu istirahat yang lebih banyak sebelum pemberangkatan,” katanya di Gorontalo, Senin.

Menurutnya, kesehatan merupakan faktor utama yang menentukan kelancaran ibadah setiap jemaah, sehingga pemerintah perlu memberi perhatian khusus.

Ia menilai pemerintah sudah berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada jemaah haji, terutama saat pandemi COVID-19 yang masih terjadi di sejumlah daerah.

Baca juga: Bupati Thariq lepas Jemaah Calon Haji Gorontalo Utara

Baca juga: Bupati lepas 185 Jemaah Calon Haji Kabupaten Gorontalo


“Insya Allah seluruh jamaah dalam keadaan sehat walafiat, dimudahkan perjalanan dari Gorontalo menuju Makassar hingga ke tanah suci Mekkah,” kata Hamka.

Kloter 14 UPG berjumlah 393 calon haji yang terdiri dari jamaah asal Kota Gorontalo sebanyak 156 orang, Kabupaten Gorontalo 185 orang, Boalemo 19 orang, Kabupaten Gorontalo Utara 29 orang, serta empat petugas haji.

Rencananya Kloter 14 akan diberangkatkan menuju Mekkah pada Selasa (28/6) pukul 11.40 Wita.

Sebelumnya, Kemenag menyatakan akan menunda keberangkatan calon haji apabila positif COVID-19.*

Baca juga: Warga Gorontalo ramai ngabuburit di wisata religi asrama haji

Baca juga: Di Asrama Haji Gorontalo ada replika pesawat Garuda


Pewarta: Debby H. Mano
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022