Manado (ANTARA) - Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengalami penambahan satu kasus baru COVID-19 yang berasal dari pelaku perjalanan dari luar daerah, Senin.

"Kasus baru asal Kota Manado adalah warga Kota Manado dengan riwayat pelaku perjalanan dari luar Provinsi Sulawesi Utara," kata Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut, dr Debie KR Kalalo, MSc.PH di Manado.

Hasil penelusuran tim surveilans puskesmas dan Dinas Kesehatan Kota Manado pelaku perjalanan tersebut mengalami gejala ringan batuk, demam, dan sakit menelan serta sudah divaksinasi dosis lengkap (dosis pertama dan kedua).

"Kasus tersebut memberi alarm terhadap transmisi kasus COVID-19 dari luar Sulut," ujarnya.

Baca juga: Sepekan Sulut tidak terjadi penambahan kasus baru COVID-19

Baca juga: Satgas khawatir ada lonjakan kasus usai libur sekolah di Sulut


Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Sulut memperingatkan seluruh masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan segera vaksinasi dosis lengkap dan booster jika sudah memenuhi kriteria.

Saat ini, akumulasi kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di provinsi berpenduduk lebih 2,6 juta jiwa tersebut mencapai 51.363 orang.

Sementara kasus sembuh sebanyak 50.178 orang (bertambah satu kasus) dengan angka kesembuhan COVID-19 sebesar 97,69 persen.

Selanjutnya, kasus meninggal sebanyak 1.169 orang dengan angka kematian (Case Fatality Rate) sebesar 2,27 persen, sedangkan kasus aktif sebanyak 16 orang atau sebesar 0,03 persen.*

Baca juga: Satgas Sulut: Gunakan masker dan vaksinasi cegah subvarian Omicron

Baca juga: Tinggal 21 warga Sulut dirawat karena COVID-19

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022