Cianjur (ANTARA) - Dua orang haji asal Cianjur, Jawa Barat, yang sakit di tanah suci sudah tiba di tanah air dan kembali berkumpul dengan keluarganya di Cianjur, sehingga dari 269 orang yang berangkat 268 sudah kembali dan satu orang meninggal dan dimakamkan di Arab Saudi.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Cianjur, Usep Muhamad Tammam di Cianjur Rabu, mengatakan dua orang haji atas nama Cucu menjalani perawatan di rumah sakit di Arab Saudi karena tertabrak mobil dan atas nama Ida Jubaedah mengalami serangan jantung.

"Kedua haji asal Cianjur, sempat terhambat kepulangannya karena masih menjalani perawatan. Selang beberapa hari kepulangan rombongan haji asal Cianjur yang terbagi dari dua kloter sampai tanah air, baru mereka dapat dipulangkan setelah dinyatakan sembuh," katanya.

Dari ratusan haji asal Cianjur yang terbagi dalam dua kelompok terbang, saat ini sudah pulang kembali ke tanah air. Sedangkan selama kegiatan ibadah haji tercatat satu orang calon haji asal Cianjur meninggal dunia karena kekurangan cairan atas nama Hasbulah Bin Burhan.

Baca juga: Calon haji asal Cianjur meninggal di Madinah

Baca juga: Kemenag: Kuota haji untuk Cianjur-Jabar dibatasi hanya untuk 629 orang


Kedua orang haji yang terlambat dipulangkan ke tanah air, saat ini, kondisinya sudah membaik dan sudah berkumpul kembali bersama keluarganya. Cucu merupakan warga Kampung Belendung, Desa Karangnunggal, Kecamatan Cibeber masuk dalam Kloter 16.

Sedangkan Ida Jubaedah warga Kampung Tonjonghilir, Desa Gudang, Kecamatan Cikalongkulon masuk dalam Kloter 30. "Meski sudah pulang ke Cianjur, keduanya masih mendapat pengawasan terkait kondisi kesehatan dan diminta rajin mencek kesehatan ke pusat layanan kesehatan terdekat," katanya.

Seperti diberitakan Kemenag Cianjur, mencatat kuota calon haji asal Cianjur 2022 sebanyak 629 orang yang terbagi dalam dua kelompok terbang 16 dan 30. Kuota tersebut dikurangi karena banyak calon haji yang sudah berusia lanjut sehingga batal berangkat ke tanah suci.*

Baca juga: Kemenag pastikan jamaah haji Cianjur yang pulang dalam kondisi sehat

Baca juga: Kemenag dan dinkes awasi kesehatan jamaah haji

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022