pencapaian yang baik ini merupakan keberhasilan membangun kekebalan tubuh masyarakat melalui vaksinasi
Denpasar (ANTARA) - Gubernur Wayan Koster dalam pidato menyambut HUT Provinsi Bali ke-64, mengangkat keberhasilan membangkitkan pariwisata pascapandemi COVID-19 sebagai sebuah pencapaian.

"Sejalan dengan membaiknya kondisi pandemi COVID-19 dan tingginya pencapaian vaksinasi di Bali, saya telah mengambil langkah berani meyakinkan pemerintah pusat agar Bali diberikan kelonggaran bagi wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik," kata Koster di Denpasar, Minggu.

Kelonggaran itu menjadi penanda kebangkitan pariwisata dengan diberikannya kesempatan orang berkunjung ke Bali tanpa karantina per tanggal 7 Maret 2022.

"Sejak saat itu, kunjungan wisatawan ke Bali terus mengalami peningkatan ditandai dengan saat ini, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali sudah mencapai di atas 9.000 orang kedatangan setiap hari," ujar gubernur dalam pidato HUT Provinsi Bali.

Baca juga: Wagub: Bali perlu harga tiket pesawat yang lebih wajar
Baca juga: Tingkat hunian The Nusa Dua Bali meningkat siginifikan

Saat ini dijelaskan Koster jumlah penerbangan internasional ke Bali terus meningkat dengan ditampung 23 maskapai berbagai negara. Pun juga kunjungan wisatawan domestik mencapai 10.000 kedatangan per hari.

Dengan adanya peningkatan jumlah ini kemudian berpengaruh terhadap okupansi hotel dan restoran, jalanan yang mulai padat, dan dibukanya kembali objek wisata.

"Secara makro, pertumbuhan ekonomi Bali bangkit dari keterpurukan, ditandai dengan tahun 2022, triwulan kedua ekonomi Bali telah tumbuh positif mencapai 3,04 persen, meningkat dari triwulan pertama tumbuh positif sebesar 1,46 persen," kata Koster.

Pertumbuhan ini berbanding terbalik dengan kondisi saat pandemi di 2021, ekonomi Bali saat itu mengalami kontraksi tumbuh negatif hingga -2,47 persen dan puncaknya pada 2019 silam, penurunan mencapai -9,31 persen.

Baca juga: WBG 2023 Bali percepat pemulihan ekonomi dan pariwisata
Baca juga: Luhut: Pesawat ke Bali penuh berarti pariwisata mulai pulih

Dengan angka itu, Koster berkeyakinan akan dapat mempertahankan sekaligus meningkatkan perekonomian Bali, ditambah lagi ke depan akan diselenggarakan kegiatan internasional G20 yang rangkaiannya telah berlangsung dengan puncaknya 15-16 November 2022.

Turut disampaikan Gubernur, salah satu penyebab Bali bangkit dari pandemi COVID-19 adalah vaksinasi. Saat ini Pulau Dewata masih menjadi daerah dengan vaksinasi booster tertinggi di Indonesia.

"Pandemi COVID-19 di Bali terus menurun dan sudah stabil, ditandai dengan menurunnya kasus baru, tingginya tingkat kesembuhan, menurunnya pasien yang dirawat di Rumah Sakit, dan tingkat kematian mendekati nol. Pencapaian yang baik ini merupakan keberhasilan membangun kekebalan tubuh masyarakat melalui vaksinasi yang sudah sangat tinggi," kata Wayan Koster.

Baca juga: Menparekraf targetkan 1,5 juta wisman berkualitas ke Bali selama 2022
Baca juga: Sandiaga: Pemerataan penting demi cegah "overtourism" di Bali

 

 

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022