Banda Aceh (ANTARA) - Tim Mahasiswa pecinta alam (Mapala) Jabal Everest Universitas Jabal Ghafur, Sigli mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung Keumiki di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh.

Ketua tim pendakian, Rusdi di Sigli, Selasa mengatakan kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyemarakkan HUT ke-77 RI serta pengalihan status anggota UKM PA Jabal Everest Unigha Sigli.

Gunung keumiki merupakan gunung tertinggi di Kabupaten Pidie yang terletak di Gampong/desa Pucok dan masuk dalam gugusan pegunungan Peut Sagoe di Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie.

Baca juga: HUT RI, Ancol kembali gelar upacara bendera di akuarium bawah laut

Pengibaran bendera merah putih tersebut bertajuk ekspedisi Keumiki 2022, yakni gunung dengan memiliki ketinggian 2.800 meter di atas permukaan laut.

Rusdi mengatakan, kegiatan tersebut melibatkan delapan anggota Mapala dan berlangsung selama 12 hari pendakian dimulai 1 sampai 12 Agustus 2022.

"Tim juga melakukan pendataan dan penelitian flora dan fauna di sepanjang jalur pendakian menuju Keumiki, sebagai bagian data guna edukasi kepada masyarakat," katanya.

Baca juga: Warga lereng Merbabu bentangkan bendera Merah Putih raksasa

Selain pengibaran bendera merah putih, dalam menyambut hari kemerdekaan pihaknya juga melaksanakan kegiatan bakti sosial di Gampong Pucok yang merupakan pintu masuk menuju Gunung Keumiki.

Supervisor Tim, Beny mengatakan bahwa pendakian Keumiki termasuk pada pendakian ekstrim, sehingga sebelum pelaksanaan dilakukan, tim juga sudah dibekali semua ilmu pendakian dan latihan fisik yang kuat sesuai standar operasional prosedur kegiatan alam bebas.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022