Kediri, Jatim (ANTARA) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, dengan berbagai elemen masyarakat melakukan kirab bendera Merah Putih ukuran raksasa untuk memeriahkan HUT Ke-77 RI.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Kediri, Selasa, mengemukakan kegiatan ini adalah bentuk cinta Tanah Air, sekaligus semakin mempererat tali persaudaraan berbagai elemen masyarakat di daerah ini.

"Akhirnya kita bisa melaksanakan kirab Merah Putih ukuran raksasa bersama-sama. Setelah dua tahun tidak melakukannya, rasanya hari ini kita sangat senang sekali bisa dipertemukan dalam keadaan sehat dan mengawal kain merah putih terbesar yang ada di Kota Kediri bersama-sama ke puncak Gunung Klotok," katanya.

Baca juga: Cipinang Melayu kembali gelar tradisi lomba di Kalimalang

Ia mengatakan bendera Merah Putih Raksasa ini memang dibawa ke Gunung Klotok (536 meter di atas permukaan laut) sehingga bisa dilihat oleh masyarakat Kota Kediri pada Rabu (17/8) pagi yang merupakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Kain bendera itu akan dikibarkan pada pukul 06.00 WIB.

Dirinya juga menceritakan awal program tersebut, dari para pemuda di Kota Kediri yang meminta izin kepada Pemkot Kediri, lalu diterima dan diberi izin untuk menggelar kirab tersebut. Ia bangga dengan kebersamaan para pemuda itu.

Baca juga: HUT RI, Ancol kembali gelar upacara bendera di akuarium bawah laut

"Dengan kebersamaan ini kami berharap mudah-mudahan bangkitnya lebih cepat. Kita bisa bareng-bareng bangkit untuk membangun perekonomian di Kota Kediri, membangun pendidikan dan yang lain-lain. intinya terus memperjuangkan apa yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan yang telah mendahului kita," kata dia.

Wali Kota juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemuda dan pemudi Kota Kediri yang telah berpartisipasi dalam kirab Merah Putih ukuran raksasa ini.

Ia berharap Kota Kediri bisa bangkit lagi, bisa pulih cepat, dan bangkit lebih kuat.

Baca juga: Basarnas kibarkan bendera merah putih bawah laut

"Mudah-mudahan yang kita lakukan ini dicatat menjadi amal baik untuk kita semua untuk dinikmati seluruh masyarakat Kota Kediri. Jangan lupa sebarkan di media sosial kegiatan yang sangat positif ini, supaya jadi contoh bagi pemuda yang lainnya," kata dia.

Kirab bendera Merah Putih ukuran raksasa ini dilakukan bersama Forkopimda dan para pemuda di Kota Kediri. Ada sekitar 250 orang pemuda dari berbagai elemen tergabung dalam acara ini, seperti KNPI, karang taruna, komunitas pecinta alam dan berbagai kelompok pemuda lainnya.

Kirab dimulai dari halaman Balai Kota Kediri, membawa bendera ukuran raksasa tersebut. Bendera dipegang di bagian tepi bersama-sama lalu dibawa berjalan bersama dari Balai Kota Kediri menuju ke Goa Selomangleng, Kediri, kemudian akan dikibarkan di puncak Gunung Klotok, dekat dengan area Goa Selomangleng Kediri itu.

Ukuran kain Merah Putih yang akan dibentangkan lebarnya 40 meter dan panjang 60 meter. Untuk yang dikirab ada tiga bagian, yakni Forkopimda Kota Kediri ukurannya 8 meter x 19 meter. Sedangkan yang lain baik untuk kain merah dan putih ukurannya 5 x 10 meter. Sisanya diangkut dengan mobil. 

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022