tuntutan zaman menuju entrepreneur university
Depok (ANTARA) - Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) dan PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) kerja sama meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta Kesehatan Lingkungan.

“Kolaborasi FKM UI dengan PT HMMI dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi selama tiga tahun, merupakan upaya nyata FKM UI untuk mewujudkan visi tersebut,” ujar Dekan FKM UI, Prof. dr. Mondastri Korib Sudaryo, M.S., D.Sc., di kampus UI Depok, Selasa.

Ia berharap, ​​​​dengan dukungan dan doa seluruh sivitas akademika, FKM UI berhasil mencapai tujuan dan mendapat manfaat bersama yang luas dari kolaborasi dengan PT HMMI, demi kemajuan FKM UI yang semakin unggul di masa datang

"Kerja sama pentahelix, kolaborasi, dan engagement antara dunia pendidikan tinggi dengan dunia industri, merupakan upaya dan tuntutan zaman menuju entrepreneur university," katanya.

Baca juga: UI kerja sama dengan 26 institusi di Belanda
Baca juga: UI-KAI kerja sama pengembangan SDM dan tarif kereta api

Kolaborasi ini juga merupakan salah satu jalan yang dapat menerjemahkan temuan sains dan teknologi ke dalam manfaat praktis serta meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat.

Ia mengatakan kerja sama ini berfokus pada bidang K3, khususnya safety training dan kesehatan lingkungan dalam pengolahan limbah.

Dalam perjanjian kerja sama UI-Hyundai terdapat 15 modul safety training, diantaranya pengalaman kebisingan (noise experience), penanganan secara manual (manual material handling), lock out tag out (LOTO), keamanan kelistrikan (electrical safety), pengalaman helm safety dan sepatu safety (safety helmet/boots impact experience), dan lainnya.

Baca juga: UI-Coventry University kerja sama perluas riset dunia
Baca juga: Didukung LPS, UI-University of California Barkeley jalin kerja sama

Manajer Kerja Sama, Hubungan Alumni, dan Ventura FKM UI Indri Hapsari Susilowati, berharap tidak terbatas pada kualitas pembelajaran kepada mahasiswa,

Namun perjanjian kerja sama ini dapat juga memfasilitasi safety training bagi para staf di FKM UI seperti teknisi, komite K3L, staf fasilitas dan staf rumah tangga, sehingga dapat lebih berhati-hati dan memperhatikan keselamatan selama bekerja.

"Selain itu, para dosen juga dapat melakukan penelitian-penelitian terkait pekerjaan automatisasi assembling mobil di Hyundai,” ujar

Selain berfokus pada 15 modul tersebut, hal lainnya yang tercantum dalam perjanjian kerja sama ini antara lain pelaksanaan riset di PT HMMI bagi dosen dan mahasiswa FKM UI, pelaksanaan praktek belajar lapangan bagi mahasiswa FKM UI, serta sharing knowledge dari PT HMMI ke FKM UI.

Pelaksanaan kegiatan kerja sama itu juga dimaksudkan untuk mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh pemerintah.

Baca juga: SKSG UI dan BPDB Banyuwangi kerja sama mitigasi bencana

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022