Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memperingatkan potensi hujan lebat di wilayah sejumlah provinsi di Indonesia termasuk di beberapa kota besar.

Menurut peringatan dini BMKG dikutip dari Jakarta, Rabu, hujan berpotensi turun di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Hujan lebat juga diprakirakan turun di wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku dan Papua.

BMKG memprakirakan hujan dengan intensitas lebih ringan dapat terjadi di DKI Jakarta, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat dan Papua Barat. Sementara angin kencang berpotensi terjadi di Jawa Timur.

Baca juga: BMKG prakirakan hujan lebat landa sebagian wilayah Indonesia

Baca juga: BMKG: Wilayah Sultra potensi diguyur hujan lebat disertai petir


Sejumlah kota besar di Tanah Air dapat mengalami hujan dengan intensitas sedang pada hari ini, yaitu Ternate di Maluku Utara pada siang hari dan Medan di Sumatera Utara pada malam hari.

Sementara hujan ringan dapat terjadi di kota Bengkulu di Provinsi Bengkulu, Jambi di Provinsi Jambi, Padang di Sumatera Barat, Bengkulu di Provinsi Bengkulu, Tanjung Pinang di Kepulauan Riau, Pekanbaru di Sumatera Selatan, Serang di Banten, Bandung di Jawa Barat, Pontianak di Kalimantan Barat, Samarinda di Kalimantan Timur, Kupang di NTT, Kendari di Sulawesi Tenggara, Gorontalo di Provinsi Gorontalo, Manado di Sulawesi Utara dan Mamuju di Sulawesi Barat.

Khusus untuk DKI Jakarta, hujan petir berpotensi turun di Jakarta Selatan dan hujan dengan intensitas sedang di Jakarta Timur pada siang hari. Hujan intensitas ringan dapat turun di Jakarta Barat dan Jakarta Pusat pada siang hari.

BMKG memperingatkan Aceh masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat seperti banjir. Sementara kategori waspada pada hari ini berlaku untuk Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, Banten, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Papua.*

Baca juga: BMKG: Waspadai potensi hujan lebat di sejumlah provinsi

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan lebat disertai angin kencang di Sumatera Utara

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022