kami perkirakan ada sekitar 60 UMKM yang terlibat
Surabaya (ANTARA) - Festival Maju Terus Suroboyo yang digelar di Lapangan Flores, Kelurahan Ngagel, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur, pada 3 Desember 2022 bakal menyuguhkan teatrikal "Pahlawan Zaman Now".

"Festival Maju Terus Suroboyo merupakan persembahan Forkom LPMK se-Kota Surabaya sebagai bakti akhir tahun dan juga bakti akhir jabatan, karena akan berhenti bulan Desember ini," kata Ketua Forum Komunikasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (Forkom LPMK) Kota Surabaya Moch Unsi Fauzi di Surabaya, Rabu.

Menurut dia, Festival Maju Terus Suroboyo yang akan dibuka langsung Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi disemarakkan dengan sejumlah kegiatan menarik di antaranya, jalan sehat, senam budaya, pemeriksaan kesehatan, donor darah, pelayanan SIM Corner hingga vaksin booster.

"Ada juga fragmen teatrikal Pahlawan Zaman Now yang mengangkat tema tentang pahlawan masa kini. Bagaimana peran serta RT/RW, LPMK dan tokoh masyarakat yang membantu warga di dalam banyak urusan seperti kesehatan, pendidikan, sosial, budaya hingga ekonomi," ujar dia.

Baca juga: 92 peserta ramaikan festival layang-layang internasional di Surabaya
Baca juga: Tiga mahasiswa Unilak wakili Riau ke Festival Pemuda di Surabaya

Fauzi mengatakan, fragmen teatrikal Pahlawan Zaman Now itu berupa drama yang diperankan oleh Ketua RT/RW, LPMK dan Tokoh Masyarakat. Dalam drama itu mereka akan bercerita tentang kejadian atau pengalaman sehari-hari saat membantu warga.

"Itu kami angkat dalam sebuah fragmen drama," kata dia.

Pada festival tersebut, lanjut dia, Forkom LPMK Surabaya juga menggandeng sejumlah pihak di antaranya, Palang Merah Indonesia (PMI) dalam kegiatan donor darah serta Polrestabes Surabaya untuk layanan SIM Corner dan vaksin booster. Juga, giat Operasi Pasar dan UMKM yang menggandeng Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Surabaya.

"Kami perkirakan ada sekitar 60 UMKM yang terlibat. Kemudian untuk operasi pasar juga menyediakan berbagai komoditi sembako, mulai dari minyak goreng, beras, hingga bawang," kata Fauzi.

Baca juga: Festival musik akustik di Surabaya gelorakan cinta Tanah Air
Baca juga: Ratusan peserta semarakkan Festival Rujak Uleg di Surabaya

Fauzi memperkirakan, Festival Maju Terus Suroboyo bakal dihadiri sekitar 4.000 orang peserta. Kegiatan ini juga terbuka untuk masyarakat umum. Masyarakat dapat hadir langsung untuk menyemarakkan ajang tersebut.

"Festival ini terbuka untuk umum, masyarakat bisa hadir dalam acara tersebut. Untuk senam budaya kami juga kerja sama dengan KSH (Kader Surabaya Hebat)," ujar dia.

Selain diramaikan senam budaya, kata dia, Festival Maju Terus Suroboyo juga disemarakkan dengan giat jalan sehat. Pada giat tersebut, juga disediakan beragam hadiah menarik seperti sepeda motor dan sepeda angin.

"Warga bisa membeli kupon jalan sehat melalui LPMK setempat. Kalau LPMK setempat habis, kami juga menyiapkan kupon di lokasi pada saat acara berlangsung," kata dia.

Baca juga: Koarmada II siap gelar Navy Jazz Traffic Festival di pegunungan

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022