Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, mencatat penggalangan dana untuk korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencapai Rp205 juta.

Pelaksana Harian Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM) Kota Batam Leo Putra di Batam, Rabu, mengatakan dana tersebut berasal dari posko-posko bencana yang ada di 7 titik di Kota Batam.

Sementara untuk bantuan yang disalurkan melalui rekening Batam Peduli Bencana belum dilakukan pengecekan lanjutan.

"Kita belum cek yang di rekening sudah berapa yang masuk dan itu belum kami cetak buku tabungan Batam Peduli Bencana," kata Leo.

Baca juga: Pemprov Kepri salurkan bantuan tunai untuk korban gempa Cianjur

Ia menjelaskan pihaknya juga menerima bantuan dari Korpri sebesar Rp105 juta dan bantuan dari siswa tingkat SMP.

"Kemarin kami terima dari Korpri dan anak SMP. Setiap hari juga ada bantuan dari perorangan yang mengantarkan langsung ke posko bencana," kata dia.

"Selain kita ada juga organisasi-organisasi masyarakat yang menggalang dana sendiri di simpang-simpang jalan, tapi belum ada menyerahkan ke posko. Mungkin mereka yang akan serahkan sendiri," ujar Leo.

Baca juga: Pemkab Karimun turut bantu korban gempa di Cianjur

Sebelumnya, Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, menargetkan Rp1 miliar dalam penggalangan dana untuk korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.

"Target kami, jika Allah izinkan mudah-mudahan dapat mengumpulkan bantuan hingga Rp1 miliar sehingga bisa kita salurkan ke saudara kita di Cianjur," kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi.

Ia mengatakan penggalangan dana juga dapat disalurkan melalui tiga rekening Batam Peduli Bencana yaitu Bank Riau Kepri 106.20.00250, Bank BRI 0659.01.000254.30.3, Bank BNI 0776877681 dan Bank Mandiri 1090500088885.

Baca juga: PMI Sumbar galang donasi bantu korban gempa Cianjur

"Bantuan tidak hanya disalurkan di jalanan saja, tetapi bisa juga melalui rekening dinas sosial, nanti akan disebarkan juga supaya para pengusaha dan masyarakat lainnya dapat berdonasi," kata Rudi.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022