Jakarta (ANTARA) - Organisasi Papua Muda Inspiratif menyiapkan gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) sebelum diresmikan penggunaannya oleh Presiden Joko Widodo.

"Kami telah selesai melaksanakan rapat bersama Deputi IV BIN Made Kartikajaya membahas beberapa persiapan menjelang peresmian gedung PYCH," kata Project Manager Bidang Industri Kreatif Papua Muda Inspiratif (PMI) Aksamina Woisiri dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Gedung PYCH berlokasi di Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua. Gedung itu dihiasi sejumlah ornamen khas Papua, di antaranya patung kayu, dan juga dilengkapi sejumlah fasilitas seperti lapangan futsal dengan rumput sintetis dan lapangan basket.

Selain itu, gedung PYCH dilengkapi ruang pamer untuk produk UMKM, ada juga PYCH cafe, ruang pelatihan, ruang rapat, ruang serbaguna, ruangan yang bisa digunakan untuk co-working space, hingga ruangan berbentuk tribun yang berkapasitas ratusan orang yang bisa digunakan untuk pertunjukan, acara keagamaan dan lainnya.

Gedung itu memiliki gedung utama yang terdiri dari dua lantai, dan dua gedung asrama. Gedung dilengkapi dengan internet berkecepatan 100 Mpbs dengan bandwith upstream downstream simetris 1:1, dan ada juga CCTV hingga ruang kontrol.

Ada dua gedung asrama yang terdiri atas 46 kamar dengan fasilitas tempat tidur lengkap, lemari, kamar mandi dalam dan lainnya. Setiap kamar berkapasitas dua orang sehingga asrama bisa dihuni sebanyak 96 orang.

Gedung ini juga dilengkapi dengan sistem alarm kebakaran yang terpusat di ruang kontrol, tersambung dengan semua speaker yang ada di dalam maupun luar gedung.

Gedung ini mengadopsi konsep bangunan ramah lingkungan (green building) yang memanfaatkan energi alam, seperti pencahayaan dan angin.

"Gedung PYCH ini kalau siang tanpa lampu masih cukup terang, termasuk gedung asrama kalau tanpa lampu pada siang hari masih akan terang di semua sisi karena banyak kaca dan lubang ventilasi," jelas Aksamina.

Dia mengungkapkan desain arsitektur atap gedung utamanya terinspirasi dari rumah adat masyarakat Kota Jayapura dan Wamena, yakni atap Honai dan Kariwari.

Papua Muda Inspiratif menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan atas pembangunan gedung PYCH tersebut.

"Semoga ini dapat kita gunakan dengan baik untuk mendorong kemajuan di tanah papua," harapnya.

Pewarta: Fauzi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023