Jakarta (ANTARA News) - Beberapa cara pencegahan rasa sakit akibat mabuk umumnya adalah dengan mengkonsumsi susu, roti, atau minum air sebelum tidur.

Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa mengkonsumsi beberapa batang asparagus sebelum mengkonsumsi minuman keras, dapat mencegah rasa sakit setelah mabuk.

Menurut penelitian para ilmuwan dari Institute of Medical Science dan Jeju National University di Korea Selatan, asam amino dan mineral yang ditemukan dalam sayuran dapat mengurangi gejala mabuk dan melindungi sel hati terhadap racun.

Sebagai bagian dari penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Science, para ilmuwan menganalisis efek biokimia komponen tunas dan daun asparagus muda terhadap manusia tikus, dan sel-sel hati.

Pemimpin penelitian B.Y. Kim mengatakan bahwa kadar racun secara signifikan berkurang setelah menggunakan ekstrak daun dan tunas asparagus.

"Hasil ini memberikan bukti bahwa fungsi biologis asparagus dapat membantu meringankan mabuk alkohol dan melindungi sel-sel hati," ujar Kim sebagaimana dilansir dari DailyMail.

Para peneliti juga melihat beberapa komponen berbeda pada asparagus untuk mencari bagian yang memiliki manfaat lebih untuk mencegah dampak rasa sakit setelah minum alkohol yang berlebihan.

Mereka menemukan bahwa daun asparagus mengandung asam amino dan kandungan mineral yang lebih tinggi dibandingkan dengan tunas asparagus. Ini membuktikan bahwa daun asparagus lebih ampuh melindungi hati dari kerusakan.

(M048)

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012