Beijing (ANTARA News) - China berhasil melakukan operasi untuk mengangkat tumor di tangan seekor kera emas berhidung pesek--yang populasinya terancam punah-- di Cagar Alam Shennongjia, Provinsi Hubei, China.

Kepala Penelitian Cagar Alam Shennongjia, Yang Jingyuan, mengatakan, operasi tiga jam berhasil mengangkat tumor seberat setengah kilogram dari tangan kanan Yuanyuan yang sebelumnya membuat pergerakan primata itu terbatas.

"Setelah empat puluh menit sejak operasi, Yuanyuan terjaga. Keberhasilan ini merupakan terobosan baru yang kami lakukan khususnya untuk menyelematkan spesies monyet emas berhidung pesek," kata Yang Jingyuan seperti dikutip media lokal China.

Yang Jingyuan mengungkapkan tumor tersebut mengakibatkan Yuanyuan kehilangan selera makan hingga berat badannya semakin menurun.

"Tidak ada cara lain selain kami harus mengoperasi untuk menyelematkannya, meski kami juga tidak bisa menjamin keselamatannya selama operasi dilakukan. Yuanyuan merupakan salah satu jenis spesies monyet yang dilindungi oleh negara," katanya.

Terlebih lagi, lanjut Yang Jingyuan, pihaknya dan tim medis setempat belum pernah melakukan operasi semacam itu sebelumnya. "Tetapi kami harus menyelamatkannya," ungkapnya.

Setelah lima hari dalam perawatan intensif pasca operasi, kondisi Yuanyuan semakin membaik dan semakin sehat.

"Ini benar-benar terobosan baru bagi kami, untuk lebih dapat melindungi spesies hewan-hewan liar utamanya yang dilindungi negara dan terancam punah," kata Yang Jingyuan.

(R018)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013