Denver (ANTARA News) - Pelatih Amerika Serikat Jurgen Klinsmann mengaku akan mengandalkan wajah-wajah baru dalam tim inti untuk berlaga pada kualifikasi Piala Dunia 2014.

Keputusan itu diambil pelatih asal Jerman itu karena  tujuh pemain muka lama tengah cedera. Mereka adalah Tim Howard (punggung), Steve Vherundolo (lutut), Jonathan Spector (ankle), Tim Chandler (hamstring), Jose Torres (hamstring), Edgar Castillo (retak tulang wajah), dan Danny Williams dikabarkan sakit.

Biarpun bermodal wajah-wajah baru, Klinsmann tetap yakin Amerika akan lolos babak kualifikasi, terutama misi terdekatnya memenangkan laga melawan Costa Rica (22/3) dan bertamu ke Meksiko (26/3).

"Justru karena semuanya adalah wajah baru, membuat kami semakin percaya diri untuk melakoni dua laga tersebut secara positif," ujar Klinsmann yang dua tahun terakhir menangani Amerika, seperti dikutip laman FIFA.

"Kami percaya pada para wajah-wajah baru, dan mereka akan mendapat banyak pengalaman," tambahnya.

Terlalu yakinnya dia pada wajah baru di timnas Amerika, sampai-sampai Landon Donovan yang baru sembuh dari cedera pun tidak dipanggilnya. Menurut Klinsmann, pencetak gol terbanyak negeri Paman Sam itu memang tak masuk rencana.

Di lini depan, kemungkinan Amerika akan mengandalkan penyerang Tottenham Hotspurs, Clint Dempsey. Lalu di lini tengah ada gelandang AS Roma, Michael Bradley dan Marcus Beasly yang merumput bersama klub Meksiko Puebla.

Pada lini pertahanan, ada pemain Stoke City Geoff Cameron yang dianggap sebagai bek paling berpengalaman dengan enam kali berlaga di kualifikasi. Dia akan ditemani dua pemain MLS, Tony Beltran dan Juston Morrow.

Timnas Amerika kini menjadi juru kunci di grup kualifikasi Piala Dunia wilayah Amerika Utara, Tengah, dan Karibia dengan poin kosong dari satu pertandingan. Mereka dikalahkan Honduras 1-2 ketika melakoni laga tandang (6/2).

Penerjemah: M Baghendra Lodra
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013