Paris (ANTARA News) - Pemerintah Prancis akan segera memperkenalkan rencana investasi untuk 10 tahun berikutnya, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan produktivitas dan memacu perekonomian yang sakit, Presiden Francois Hollande mengumumkan Senin.

Ketika protes jalanan dan rekor popularitas rendah membayangi Partai Sosialis yang merayakan ulang tahun pertama kemenangan pemilu mereka, Hollande mengatakan skema itu akan fokus terutama pada teknologi baru, transisi energi, kesehatan dan infrastruktur untuk menghidupkan kembali kegiatan ekonomi dan memperluas kesempatan kerja.

"Investasi sedang tumbuh hari ini didorong oleh meningkatnya aktivitas dan produktivitas secara keseluruhan di negara itu," kata Presiden seperti dikutip Xinhua.

Hollande menambahkan program investasi 10 tahun akan disajikan oleh Perdana Menteri Jean-Marc Ayrault dalam beberapa hari ke depan.

Sebelumnya, pada pagi hari, Menteri Keuangan Prancis Pierre Moscovici mendukung langkah negara itu untuk mengurangi kepemilikannya pada perusahaan tertentu guna membantu mengumpulkan pendapatan tambahan. Dikatakan bahwa setiap dana yang dihimpun akan diinvestasikan kembali di sektor-sektor pertumbuhan baru.

"Pemerintah akan mengurangi tingkat kepemilikan saham, itu bisa menjual bagian tertentu ... tetapi di atas semua itu adalah mempertahankan keadaan strategis, sebuah keadaan investasi tanpa membuat keuangan publik lebih buruk," kata menteri kepada saluran berita televis lokal.

Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013