... Presiden Susilo Yudhoyono dan Ibu Negara, Ani Yudhoyono, bersama sejumlah petinggi nasional akan menyambut langsung jenasah ketua MPR itu... "
Jakarta (ANTARA News) - Sejalan dengan kepulangan selamanya Ketua MPR, Taufiq Kiemas, pada usia 71 tahun, di General Hospital, Singapura, pada pukul 18.00 WIB, pemerintah menyiapkan upacara pemakaman kenegaraan terhadap putera asal Sumatera Selatan itu.

Direncanakan jenazah Kiemas tiba di Tanah Air besok pagi (9/6), di Jakarta. Menurut informasi dihimpun, Sabtu malam, dinyatakan, pukul 07.30 jenasah tokoh nasional itu diberangkatkan dari ruang duka General Hospital menuju Bandar Udara Internasional Changi, Singapura menuju Jakarta.

Pukul 09.00 waktu Singapura atau 08.00 WIB, pesawat terbang khusus yang membawa jenasah Kiemas lepas landas dari bandar udara internasional itu dan mendarat di Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada pukul 09.30 WIB.

Di bandara internasional di Jakarta Timur ini, Presiden Susilo Yudhoyono dan Ibu Negara, Ani Yudhoyono, bersama sejumlah petinggi nasional akan menyambut langsung jenasah ketua MPR itu di Ruang VVIP.

Pukul 10.30 WIB, jenasal diberangkatkan menuju Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, untuk dimakamkan. 

Pukul 11.00 WIB, upacara kenegaraan pemakaman dilaksanakan, yang direncanakan dipimpin langsung oleh Yudhoyono. 


Kiemas diberangkatkan ke General Hospital, Singapura, setelah mengeluh sakit seusai kunjungan kerja ke Ende, NTT, beberapa hari sebelumnya. Dia merupakan salah satu kader Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia yang terjun ke politik praktis melalui Partai Demokrasi Indonesia.
(zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013