Palembang (ANTARA News) - Pengelola restoran dan kafe di Kota Palembang, Sumatera Selatan, menawarkan paket berbuka puasa bersama bagi warga setempat untuk tetap mempertahankan pendapatan akibat terbatasnya jam operasional selama bulan Ramadhan.

Pantauan Antara di Palembang, Senin, tampak retoran dan kafe milik pengusaha lokal serta milik perusahaan wara laba di kawasan jalan Sumpah Pemuda, pusat perbelanjaan/mal Palembang Square, Palembang Trade Center, dan Palembang Indah Mal menyiapkan paket berbuka puasa dengan menu istimewa.

Salah seorang karyawan Kafe Fay Resto David mengatakan, seperti biasanya setiap bulan Ramadhan pihaknya menyiapkan paket berbuka puasa bersama untuk keluarga, rombongan karyawan perusahaan, dan kalangan remaja dengan tarif Rp50.000 hingga 100.000 per orang.

Sejak awal Ramadhan 1434 Hijriah, kafe tempatnya bekerja itu selalu ramai dikunjungi tamu dari berbagai kalangan untuk berbuka puasa menikmati menu makanan dan minuman yang menjadi andalan tempat ini.

Menu makanan yang paling diminati pengunjung diantaranya iga bakar, ayam tulang lunak, dan pindang ikan patin, sedangkan minuman tersedia aneka jenis jus buah segar serta es campur, katanya.

Sedangkan salah satu kafe di mal yang cukup banyak diminati untuk berbuka puasa bersama seperti kafe Chopstix di mal bawah tanah kawasan Palembang Square.

Karyawan kafe Chopstix Lia mengatakan, pihaknya menawarkan menu makanan yang sedikit berbeda dari pengelola kafe atau kedai kuliner yang sudah ada di Bumi Sriwijaya ini.

"Kami memiliki menu utama mie tarik dan daging sapi lada hitam, yang proses pembuatan dan memasaknya bisa dilihat secara langsung oleh masyarakat yang berkunjung ke mal ini," ujarnya.

Riska Siswanto salah seorang pengunjung mal, sengaja membawa keluarganya berbuka puasa di Kafe Chopstix karena tertarik dengan atraksi pembuat mie yang dengan gaya khasnya bisa menjadi hiburan sambil menunggu masuknya waktu berbuka puasa.

Proses pembuatan mie dengan cara ditarik-tarik oleh koki kafe menjadi tontonan menarik dan mendorong setiap orang yang melihatnya ingin mencicipinya.

"Atraksi pembuat mie di kafe Chopstix ini sangat menarik karena pembuatnya seolah-olah menari sambil menarik adonan mie dan membantingnya hingga sepanjang satu meter lalu dimasukkan ke panci rebusan sebelum dimasak menjadi aneka makanan lezat." ujar Riska.

Mie tarik CS dijual dengan harga Rp17.000 per porsi, mie tarik ayam kangkung Rp21.000 per porsi, kemudian nasi daging sapi lada hitam dan aneka makanan lainnya rata-rata dijual Rp25.000 per porsi, sedangkan minuman ringan seperti air mineral, es teh manis dan aneka jus dijual mulai Rp5.000 hingga Rp12.500 per gelas, kata dia pula.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013