... selain Ahtisaari, resepsi diplomatik juga dihadiri pemimpin Partai True Finns... "
London (ANTARA News) - Mantan Presiden Finlandia (1994-2000), Martti Ahtisaari, menghadiri resepsi diplomatik memperingati Hari Ulang Tahun ke-68 kemerdekaan Indonesia, di Wisma Duta, di Helsinki, Finlandia. Ahtisaari juga terkenal karena perannya dalam memfasilitasi perundingan damai Aceh pada 2005.

Duta Besar Indonesia untuk Finlandia dan Estonia, Elias Ginting, menyambut sekitar 250 tamu undangan yang hadir dalam resepsi diplomatik yang terdiri dari kalangan diplomatik, pejabat pemerintahan, anggota parlemen, dan dari Finlandia dan Estonia.

Kepala Fungsi Bidang Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI di Helsinki, Made P Sentanajaya, kepada ANTARA London, Selasa, menyatakan, selain Ahtisaari, resepsi diplomatik juga dihadiri pemimpin Partai True Finns yang juga merupakan ketua komisi kerjasama luar negeri Parlemen Finlandia, Timo Soini. 

Kehadiran Soini dalam acara resepsi diplomatik itu semakin mempererat hubungan anggota parlemen Finlandia dengan pemerintah Indonesia setelah kunjungan Soini dan delegasi anggota parlemen Finlandia ke Indonesia pada 2013.

Dalam resepsi diplomatik tersebut ditampilkan pertunjukan budaya Indonesia berupa sendratari Barong Bali yang berjudul Wana Prabela (Pembela Belantara) yang bercerita tentang kemenangan kebaikan yang disimbolkan Barong atas kejahatan dan keserakahan. 

Sendratari ditampilkan kelompok gamelan dan tari Banyu Petak yang para pemainnya adalah anggota masyarakat Indonesia di Finlandia yang terdiri dari berbagai macam kalangan. 

Selain pertunjukan budaya, masakan khas Indonesia berupa sate dan jajanan pasar berbagai macam disajikan kepada para tamu undangan yang menghadiri acara resepsi diplomatik. 

(zg)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013