Pontianak (ANTARA News) - Tim dayung Kalimantan Barat yang mewakili Indonesia meraih posisi kedua di final "dragon boat" kejuaraan Sarawak Regatta 2013 yang berlangsung di Kuching, Minggu.

"Meski di posisi kedua, kami mengucapkan alhamdulillah karena sudah berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional walau belum berhasil menjadi yang terbaik," kata Koordinator Tim Dayung Kalbar Ryafal Akbar saat dihubungi dari Pontianak, Minggu.

Posisi pertama di kelas bergengsi itu direbut oleh Tim Dayung asal Thailand.

Menurut dia, para atlet dayung Kalbar terlihat terbebani akibat pertandingan tertunda hingga beberapa jam disebabkan oleh hujan lebat sehingga konsentrasi tim menjadi buyar.

Namun, lanjut dia, tim sudah menampilkan yang terbaik dan hasil kali ini akan menjadi motivasi untuk kejuaraan berikutnya.

Ketua Harian Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia PengprovI Kalbar, Abdi Nurkamil Mawardi memberi penghargaan dari yang sudah diraih oleh tim tersebut.

"Apalagi atlet yang mewakili Indonesia ini hanya sebuah klub kecil di Pontianak yaitu Elang Perkasa," ujar dia.

Sementara itu lawan-lawan yang dihadapi merupakan tim nasional masing-masing negara.

"Inilah yang terbaik. Prestasi yang sudah diberikan sudah cukup membanggakan kita. Mengingat persiapan kita juga sangat minim," kata Abdi menegaskan.

Saat babak final, ketiga Malaysia dan keempat Brunai Darussalam.

Pada hari ketiga kejuaraan Sarawak Regatta, tepian sungai Kucing dipadati oleh ribuan pengunjung meski sebelumnya diguyur hujan lebat.

Pewarta: Teguh Imam Widodo
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013