Surabaya (ANTARA News) - Para pebalap pelatnas proyeksi SEA Games 2013 Myanmar berencana menjalani uji coba dengan mengikuti kejuaraan balap sepeda internasional nomor BMX Cross di Korea Selatan pada pertengahan Oktober mendatang.

Pelatih Pelatnas Balap Sepeda BMX Sugeng Trihartono ketika ditemui di Surabaya, Selasa, mengatakan saat ini seluruh pebalap sedang menjalani pemusatan latihan di Surabaya untuk persiapan menuju kejuaraan kalender Organisasi Balap Sepeda Internasional (UCI).

"Sejak beberapa hari lalu, anak-anak kami boyong dari Malang ke Surabaya, karena lintasan balap BMX di Surabaya lebih representatif dan sering digunakan untuk kejuaraan BMX series," katanya.

Pria yang akrab disapa Tono itu, menjelaskan dari tujuh pebalap BMX yang kini bergabung di Pelatnas, hanya lima orang yang dikirim ke Korsel, terdiri dari empat atlet putra dan seorang atlet putri.

Adapun empat pebalap putra masing-masing Buamin (peraih emas SEA Games 2011), Ari Kristanto, Tony Syarifudin, dan I Gusti Bagus. Sedangkan pebalap putrinya hanya Elga Kharisma, yang juga peraih medali emas SEA Games 2011.

Sementara dua pebalap putri lainnya, yakni Suswanti dan Rina Purnamasari tetap menjalani pemusatan latihan di Surabaya untuk menghadapi kejuaraan lainnya.

Tony Syafrudin dan Elga Kharisma Novanda merupakan dua pebalap andalan yang baru saja kembali ke Indonesia setelah menjalani program latihan di Swiss selama beberapa bulan atas undangan UCI.

"Tidak ada target khusus yang dibebankan kepada anak-anak dalam kejuaraan di Korsel. Yang jelas, kejuaraan ini akan diikuti pebalap BMX dari banyak negara sehingga sangat bagus untuk mengukur kemampuan dan mental pebalap sebelum berlaga di SEA Games," ujar Tono.

Setelah dari Korsel, para pebalap akan kembali melanjutkan pemusatan latihan di Surabaya dan direncanakan uji coba lagi dengan turun pada sebuah kompetisi BMX di Thailand pada November.

"Selain itu, masih ada kejuaraan BMX Series di Surabaya sebagai pemanasan terakhir sebelum berangkat ke Myanmar. Saya berharap anak-anak bisa memaksimalkan agenda uji coba ini dengan semaksimal mungkin," tambahnya.

Pada SEA Games 2013 yang digelar Desember mendatang, tim BMX Cross ditargetkan mampu merebut dua medali emas, seperti yang diraih dua tahun lalu di Indonesia. Saat itu, medali emas dipersembahkan Elga Kharisma dan Buamin, yang keduanya atlet asal Jatim.

(D010/M008)

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013