Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Lingkungan Hidup memberikan penghargaan Adiwiyata kepada 463 sekolah dan penghargaan Adiwiyata Mandiri kepada 130 sekolah.

Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya dan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim menyerahkan penghargaan itu di Jakarta, Jumat.

"Melalui program Adiwiyata ini, saya mengharapkan mulai 2014 dilakukan pengukuran penurunan energi di setiap sekolah, penurunan timbunan sampah serta penurunan penggunaan air," kata Balthasar Kambuaya.

Dia bahkan mengharapkan selanjutnya ada penghitungan emisi CO2 pada setiap sekolah penerima penghargaan Adiwiyata.

Penghargaan Adiwiyata diberikan kepada sekolah berbudi dan berbudaya lingkungan.

Adiwiyata merupakan program Kementerian Lingkungan Hidup untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Menurut Balthasar, pendidikan lingkungan hidup harus ditanamkan sejak dini untuk menanamkan kesadaran dan membangun kebiasaan peduli lingkungan.

"Tugas saya untuk menyiapkan generasi yang peduli terhadap lingkungan. Saya ingin 10 hingga 20 tahun ke depan, generasi tersebut tercipta," kata dia.

Perubahan perilaku ke arah ramah lingkungan, ia melanjutkan, akan berdampak besar terhadap keberlanjutan pembangunan dan lingkungan hidup.

Pewarta: Indriani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013