Hujan terjadi sejak pukul 15.00 WIB mengakibatkan sejumlah permukiman dan akses jalan umum terendam banjir dengan ketinggian yang bervariasi,"
Bekasi (ANTARA News) - Forum Taruna Siaga Bencana Kota Bekasi Provinsi, Jawa Barat menyebutkan sedikitnya empat daerah di Kecamatan Bekasi Timur terendam banjir akibat curah hujan yang tinggi pada Rabu sore.

"Hujan terjadi sejak pukul 15.00 WIB mengakibatkan sejumlah permukiman dan akses jalan umum terendam banjir dengan ketinggian yang bervariasi," ujar Ketua Rekrutmen Anggota Forum Tagana di Kota Bekasi, Arief.

Lokasi wilayah yang kebanjiran tersebut di antaranya Jalan Baru Underpass, Perumnas III, Perumahan Duren Jaya, dan Kompleks Margahayu dengan ketinggian air rata-rata mencapai 30 hingga 50 sentimeter.

Menurutnya, situasi banjir tersebut sudah rutin terjadi saat terjadi hujan deras yang turun lebih dari dua jam.

"Banjir ini disebabkan karena letak wilayah itu yang berada di cekungan, dan sistem aliran air yang terganggu akibat sumbatan sampah atau sedimentasi," katanya.

Pihaknya mengaku tidak melakukan evakuasi terhadap korban, karena situasi banjir masih dapat terkendali.

"Tidak ada evakuasi walaupun kami sudah menyiagakan perahu karet dan perlengkapan lainnya," katanya lagi.

Salah satu warga Blok E Perumahan Margahayu, Hasis (30), mengatakan bahwa air mulai surut di rumahnya sekitar pukul 18.30 WIB.

"Ketinggian air mencapai dengkul orang dewasa dan masuk sampai ke dalam rumah saya," katanya.

Menurut dia, banjir menggenangi rumah warga di Blok A, B, C, dan D yang dihuni oleh ratusan kepala keluarga.

"Kami minta Pemerintah Kota Bekasi jangan diam. Lakukan penanggulangan banjir secara nyata. Jangan hanya sekadar wacana," kata pekerja swasta di Jakarta itu pula.(*)



Budisantoso Budiman

(T.KR-AFR/B/B014/B014) 25-12-2013 19:03:04

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013