Bandung (ANTARA News) - Lalu lintas kendaraan di Jalur Pantura ruas Pamanukan, Subang, dialihkan ke jalur tengah melalui Sumedang-Bandung-Jakarta untuk menghindari kemacetan total akibat banjir.

"Ya.. ada pengalihan arus lalu lintas sebagian. Pengaturan pengalihan arus dilakukan secara insidential dan situasional," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Martinus Sitompul di Bandung, Senin.

Menurut Martinus, pengaturan arus lalu lintas diberlakukan untuk menghindari tumpukan kendaraan di jalur Pamanukan Subang yang tergenang banjir.

Pengalihan dilakukan dari wilayah Polres Cirebon dan Indramayu ke jalur alternatif yang mengakses ke jalur tengah.

Kemacetan jalur Pantura di Pamanukan terjadi sejak Minggu kemarin, dan hingga Senin ini masih terjadi karena genangan banjir masih tinggi.

Banjir menyebabkan kemacetan lalu lintas kendaraan di kawasan Pamanukan, sebagian kendaraan terjebak dalam banjir dan harus menunggu air surut.

Kabid Humas Polda Jabar menyebutkan, petugas kepolisian dikerahkan untuk mengatur arus lalu lintas di jalur itu. Selain petugas Polantas juga Sabhara dan Brimobda Polda Jabar dikerahkan untuk membantu masyarakat korban banjir dan juga mengatur arus lalu lintas.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014