Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono menyerahkan penghargaan Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) Cinta Karya Bangsa kepada kementerian/lembaga, BUMN, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota yang memberikan kontribusi dalam kebijakan maupun implementasinya mendukung penggunaan produksi lokal.

"Pemberian penghargaan ini sudah berlangsung empat kali sejak 2010 dan aspek penilaian yang digunakan dalam pemberian penghargaan adalah aspek komitmen, perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan," kata Menteri Perindustrian Mohamad S. Hidayat saat acara pemberian penghargaan itu di Istana Wapres, Jakarta, Rabu.

Hadir dalam acara itu antara lain Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar, Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin, Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, serta Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Wapres Boediono dalam kesempatan itu memberikan penghargaan kepada pemenang yang jumlahnya mencapai 12.

Untuk kategori kementerian/lembaga diraih Kementerian Pertahanan, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Perdagangan.

Untuk kategori BUMN diraih PT. Hutama Karya, PT. Pengembangan Pariwisata Bali, dan PT Rajawali Nusantara Indonesia.

Kategori pemerintah provinsi diraih Provinsi Jawa Timur, Provinsi Sumatera Barat, dan Provinsi Jawa Barat, sedangkan kategori pemerintah kota/kabupaten diraih Kabupaten Sleman, Kabupaten Bojonegoro, dan Pemerintah Kota Lubuklinggau.

Menurut Hidayat ,Inpres Nomor 2 Tahun 2009 tentang Penggunaan Produk Dalam Negeri dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah mengamanatkan agar seluruh jajaran instansi pemerintah, BUMN/BUMND, dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) mengoptimalkan penggunaan propduk dalam negeri.

"Amanat ini mengemban tujuan mulia yaitu agar belanja pengadaan barang/jasa instansi pemerintah dapat menggerakkan pertumbuhan dan memberdayakan industri dalam negeri," kata menteri.

Dikatakan, tujuan dan pemberian penghargaan P3DN Cinta Karya Bangsa antara lain mendorong penggunaan produk dalam negeri dalam pengadaan barang/jasa di instansi pemerintah termasuk BUMN dan BUMD, juga memacu dunia usaha nasional selalu meningkatkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) serta mutu produknya guna meraih kepercayaan konsumen dalam negeri.

"Selain itu memberikan teladan bagi masyarakat untuk menggunakan produk dalam negeri," kata Hidayat.

Di samping menyerahkan penghargaan P3DN, Wapres juga membuka penyelenggaraan rapat kerja Kementerian Perindustrian tahun 2014 yang berlangsung 5-7 Februari 2014 di Jakarta, yang antara lain diikuti pejabat eselon I, eselon II, kepala Balai Besar dan Balai Riset dan Standarisasi Industri.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014