Peringatan dini sudah kami sampaikan kepada masyarakat yang bermukim di kaki gunung Lewotobi di wilayah Kecamatan Wulanggitang
Kupang (ANTARA News) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menetapkan Gunung Api Lewotobi Perempuan di Kabupaten Flores Timur, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur berstatus waspada Level II.

"Naiknya status gunung itu karena terjadi peningkatan aktivitas vulkanik. Gunung menyemburkan asap putih," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTT Tini Thadeus, di Kupang, Jumat.

"Kami sudah mendapat laporan dari PVMBG bahwa ada penetapan status Gunung Api Lewotobi Perempuan ke waspada level II," katanya.

Sesuai rekomendasi PVMBG, masyarakat yang bermukim di lereng Gunung Lewotobi Perempuan sudah diperingatkan untuk tetap waspada karena sewaktu-waktu gunung tersebut bisa meletus.

"Peringatan dini sudah kami sampaikan kepada masyarakat yang bermukim di kaki gunung Lewotobi di wilayah Kecamatan Wulanggitang itu," katanya menambahkan.

Ia menjelaskan, jika terjadi erupsi Gunung Api Lewotobi Perempuan, lahar yang menyembur akan mengarah ke bagian selatan Kabupaten Flores Timur atau ke arah lautan.

Dia mengatakan masyarakat setempat sudah paham dan tahu cara menyelamatkan diri, karena sudah ada pengarahan-pengarahan sebelumnya.

Walaupun demikian, BPBD NTT tetap menyiagakan pola penanggulangan bila benar-benar terjadi erupsi guna melakukan berbagai bentuk penanganan, termasuk mengevakuasi warga.

Ia menambahkan Gunung Api Rokatenda di Pulau Palue, Kabupaten Sikka yang meletus pada akhir Desember 2013 lalu masih mengeluarkan api dari kawah gunung itu.

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014