ada salah seorang rombongan mengalami cedera di bagian bahu.
Padang (ANTARA News) - Tim Search And Rescue (SAR) gabungan melakukan evakuasi rombogan pendaki Gunung Kerinci, yang terdiri dari 13 orang, salah seorang di antaranya mengalami cedera pada bagian bahu.

"Basarnas Padang, Sumatera Barat, menurunkan 10 personel untuk menuju lokasi bersama tim polisi kehutanan Provinsi Jambi untuk membantu evakuasi para pendaki yang merupakan karyawan PT Exis itu," kata Kasi Operasi Basarnas Padang Juanda Sodo, di Padang, Sabtu.

Ia menjelaskan Basarnas Padang mendapatkan informasi dari Ari, pemandu rombongan karyawan tersebut, pada Jumat (2/5) sekitar pukul 21.00 WIB.

"Pemandu tersebut menyatakan ada salah seorang rombongan mengalami cedera di bagian bahu. Pemandu tersebut meminta bantuan untuk mengevakuasi rombongan, sekaligus korban cedera, yang berada di ketinggian sekitar 2.800 meter," katanya.

Menurutnya, rombongan karyawan tersebut tidak berani turun dari Gunung Kerinci. "Jika dipaksakan turun akan membahayakan bagi keselamatan mereka, termasuk korban cedera," ungkap Juanda Sodo.

Ia mengatakan sekarang ini personel Basarnas Padang sudah berada di kaki Gunung Kerinci bersama tim polisi kehutanan Provinsi Jambi untuk evakuasi rombongan karyawan itu. "Diperkirakan personel Basarnas Padang sore hari sudah sampai di lokasi," katanya.

Ia menjelaskan satu unit ambulans juga sudah disiagakan untuk membawa pendaki yang mengalami cedera itu.

Berdasarkan informasi yang diterima, rombongan karyawan PT Exis tersebut melakukan pendakian ke Gunung Kerinci dari Provinsi Jambi. Gunung Kerinci (3.805 mdpl) terletak di antara Provinsi Sumatera Barat dan Jambi

Sementara itu, menurut Arif, salah satu anggota Basarnas Padang saat dihubungi dari Padang menyatakan bahwa saat ini Tim SAR sudah berada di sekitar kawasan Gunung Kerinci untuk mengevakuasi korban.

"Tim SAR memperkirakan sekitar pukul 17.00 WIB akan mengevakuasi karyawan tersebut dari Gunung Kerinci," katanya.

Ia menjelaskan berdasarkan informasi yang diterima Tim SAR, karyawan PT Exis tersebut melakukan pemasang Tower di sekitar Gunung Kerinci.

"Korban yang mengalami cedera itu akan segera dibawa ke salah satu rumah sakit di Kabupaten Kerinci, Jambi," ujarnya.

(KR-ZON)

Pewarta: Derizon Yazid
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014