Dalam rakor yang juga dihadiri Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Alex Nurdin, direkomendasikan Palembang sebagai tuan rumah pelaksana. Palembang dilihat telah siap dengan stadion berskala internasionalnya,"
Padang (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo mengatakan Indonesia siap menjadi tuan rumah Asian Games 2018, dibuktikan dengan pembangunan infrastruktur jalan dan stadion berskala internasional.

Roy Suryo di Padang, Rabu, mengatakan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kemenpora yang membahas persiapan provinsi lain yang akan ditunjuk sebagai tuan rumah Asian Games 2018 direkomendasikan Palembang sebagai tuan rumah pelaksana.

"Dalam rakor yang juga dihadiri Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Alex Nurdin, direkomendasikan Palembang sebagai tuan rumah pelaksana. Palembang dilihat telah siap dengan stadion berskala internasionalnya," katanya.

Ditanyakan berapa provinsi yang akan diikutsertakan dalam perhelatan olahraga akbar tersebut, ia menjawab ada tiga provinsi yang telah menyatakan siap yakni Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera Selatan.

"Tidak menutup kemungkinan Banten, Sumatera Barat (Sumbar) dan Papua juga diminta kesiapannya untuk membantu. Apalagi Papua dan Sumbar merupakan tuan rumah PON kedepan," katanya.

Disinggung apakah Jakarta akan diikutsertakan dalam pelaksanaan Asian Games 2018, ia mengatakan bahwa Jakarta terpaksa diikutkan karena merupakan Capital City.

Ia menjelaskan saat Vietnam menarik diri sebagai tuan, Indonesia mengajukan diri dengan Surabaya ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksana. Namun Surabaya bisa diganti asalkan diikutkan Capital City.

"Ini menunjukkan bahwa selain DKI, provinsi mana saja bisa diajukan oleh Indonesia sebagai tuan rumah pelaksana Asian Games selanjutnya, dengan mengikutsertakan DKI," katanya.

Disinggung anggaran, ia menjawab akan akan dikerjakan oleh pemerintahan kedepan, dan saat ini hanya pada tahap memproyeksi provinsi mana saja yang sudah siap diikutkan dalam perhelatan tersebut.

(KR-AGP/H014)

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014