Jakarta (ANTARA News) - Toyota Motor Sales, USA, Inc mengumumkan rencana penarikan untuk perbaikan (recall) sekitar 247.000 unit lagi Toyota Corolla, Matrix, Sequioia, Tundra, dan Lexus karena masalah airbag.

Kendaraan-kendaraan yang ditarik itu diproduksi antara 2001-2004 yang dilengkapi dengan inflator airbag penumpang depan yang disuplai Takata Corporation, kata Toyota AS dalam pernyataan yang dipublikasikan di laman resminya, Senin (20/10/14) waktu setempat.

"Tindakan ini mengintensifkan upaya Toyota untuk menjangkau pelanggan dan memperbaiki kendaraan yang ditarik sebelumnya, dan sejumlah kecil kendaraan yang baru dimasukkan, di wilayah geografis tertentu yang muncul untuk menjamin tindakan segera, berdasarkan pengujian oleh pemasok," katanya.

Inisiatif itu menarget kendaraan-kendaraan di daerah dengan kelembaban tinggi, termasuk selatan Florida, sepanjang Gulf Coast, Puerto Rico, Hawaii, Virgin Island, Guam, Saipan, dan Samoa Amerika.

Pada April 2013 dan Juni 2014, Toyota mengumumkan penarikan untuk kendaraan yang terkena dampak masalah itu.

Bekerja sama dengan NHTSA dan Takata untuk menyelidiki insiden inflator pecah, Toyota melepas inflator pada kendaraan yang ditarik dari daerah-daerah di Florida Selatan untuk evaluasi oleh Takata.

Takata memberi data kepada Toyota yang menunjukkan bahwa sejumlah inflator yang ditarik berfungsi dengan benar selama pengujian komponen.

Sementara penyebab potensi reflator pecah dan pengaruh kelembaban tinggi (cuaca) masih dalam penyelidikan.

Toyota menegaskan sejauh ini belum menerima laporan adanya korban luka atau kematian yang berhubungan dengan masalah airbag tersebut.

Awal minggu ini, semua pemilik kendaraan Toyota dan Lexus yang terdampak akan diberitahu melalui pos kilat untuk mengembalikan kendaraan mereka ke agen Toyota dan Lexus.

Dealer akan mengganti inflator airbag penumpang depan dengan yang baru diproduksi. Jika spart parts pengganti tidak tersedia pada saat layanan kendaraan, dealer akan menonaktifkan sementara airbag penumpang depan.

Selain itu, dealer akan memasang pemberitahuan untuk menginformasikan agar kursi penumpang depan sementara dikosongkan sampai inflator diganti dan airbag sepenuhnya berfungsi.

Informasi lengkap mengenai masalah itu tersedia di laman www.toyota.com/recall dan dengan menghubungi Layanan Pelanggan Lexus melalui 1-800-255-3987 atau ke Toyota 1-800-331-4331.
Penerjemah: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014