Apa yang sudah baik dari pemerintahan lalu akan kami teruskan, termasuk menanam,"
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan terus meningkatkan kegiatan menanam pohon untuk mendukung rehabilitasi lahan dan menjaga ekosistem hutan.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Jakarta, Rabu menyatakan gerakan menanam pohon yang selama ini telah dilaksanakan adalah kegiatan yang sangat baik.

"Apa yang sudah baik dari pemerintahan lalu akan kami teruskan, termasuk menanam," kata dia usai meninjau pameran menyambut Hari Menanam Pohon Indonesia.

Pada 2013, gerakan menanam berhasil mendorong penanaman 1,8 miliar pohon, sedangkan untuk tahun ini, penanaman diharapkan menembus 2 miliar pohon.

Siti menyatakan, untuk menggelorakan semangat menanam pihaknya kembali akan menggelar peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam, yang rencananya akan digelar di Wonogiri Jawa Tengah dan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Sekjen Kementerian Kehutanan Hadi Daryanto menekankankan pentingnya penanaman untuk menyokong industri kehutanan.

Menurut dia, berbekal kayu hasil penanaman, industri kehutanan tumbuh luar biasa.

Berdasarkan data Kemenhut sampai semester pertama 2014, terdapat industri dengan kapasitas di atas 6.000 m3/tahun terdapat 386 unit, padahal sepuluh tahun lalu jumlahnya hanya sekitar 100 unit.

"Untuk industri yang memanfaatkan kayu hutan tanaman termasuk kayu dari hutan rakyat, kami terus permudah perizinannya," kata dia.

Situasi tersebut berdampak kepada penggunaan bahan baku dari kayu tanaman. Selama delapan tahun terakhir (2005-2013), pemenuhan bahan baku kayu tanaman meningkat dari sebesar 11,2 juta m3 pada 2005 menjadi 39,80 juta m3 pada 2013.

Sebaliknya penggunaan kayu alam semakin menurun, yakni dari 20,5 juta m3 pada 2005 menjadi 5,54 juta m3 pada 2013.

Pewarta: Subagyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014