Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mulai membangun stadion Taman Bersih Manusiawi dan Wibawa (BMW) di kawasan Sunter, Jakarta Utara, pada 2015.

"Pembangunan stadion BMW bisa dilakukan pada 2015 karena sertifikat lahan dan penetapan sidang dari Pengadilan Tata Usaha Negara sudah keluar," kata Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah di Jakarta, Kamis.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta pun, menurut dia, telah menyetujui pembangunan stadion tersebut..

Saat ini, ia menjelaskan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih menunggu Badan Pertanahan Nasional (BPN) mengeluarkan sertifikat lahan untuk pembangunan stadion.

"Dari jumlah keseluruhan 32 hektare lahan yang diperlukan, Pemprov DKI baru memiliki dua sertifikat lahan dengan total luas sekitar 11 hektare. Makanya, kita masih menunggu BPN," ujar Saefullah.

Ia menuturkan, sebelum pembangunan stadion dimulai, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terlebih dahulu harus memiliki empat sertifikat lahan dari BPN untuk membangun stadion di lahan seluas 22 hektare.

Kepala Dinas Olah Raga dan Pemuda DKI Jakarta Ratiyono berharap pada awal Desember 2014 BPN sudah bisa mengeluarkan sertifikat lahan yang diperlukan.

"Kalau semua sertifikat pembangunan stadion Taman BMW sudah dimiliki Pemprov DKI, maka selanjutnya akan dilakukan lelang pembangunan stadion itu pada akhir 2014," tutur Ratiyono.

Dia mengungkapkan seluruh dokumen lelang, termasuk Analisis mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), rancangan bangunan, telah dipersiapkan dan jika sertifikat lahan sudah lengkap maka proses lelang dapat dilakukan akhir tahun ini.

Pewarta: Rr. Cornea Khairani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014