Tidak ada dari kita yang pernah ingin berada di posisi menyerang korban
Los Angeles (ANTARA News) - Camille Cosby, istri komedian Bill Cosby, membela suaminya dari tuduhan selusin lebih perempuan yang menyebut penghibur inovatif itu telah menyerang mereka secara seksual puluhan tahun silam.

"Dia pria yang baik, pria pemurah, pria lucu, serta suami, ayah dan teman yang hebat," kata Camille Cosby dalam pernyataan sepanjang 210 kata yang disampaikan humas Cosby pada Senin (15/12).

"Dia orang yang kau pikir kau tahu," katanya seperti dilansir kantor berita Reuters.

Itu adalah pernyataan publik pertama Camille Cosby sejak gelombang tuduhan bermula akhir bulan lalu, yang membuat jaringan televisi mengesampingkan proyek bintang "The Cosby Show" itu dan beberapa pertunjukan komedi tunggalnya dibatalkan.

Camille Cosby, yang menikahi Bill Cosby tahun 1964, menyebut suaminya sebagai "pria yang kau tahu lewat karyanya" dan menyalahkan media massa karena tidak mengecek penuduh suaminya.

"Tidak ada dari kita yang pernah ingin berada di posisi menyerang korban," kata Camille Cosby melanjutkan.

"Tapi pertanyaan mesti disampaikan - siapakah korban?"

Dalam pernyataannya, Camille Cosby mengacu pada cerita majalah Rolling Stone yang didiskreditkan tentang geng pemerkosaan di University of Virginia.

Cosby, komedian Afrika-Amerika yang dikenal dengan perannya sebagai Dr. Cliff Huxtable dalam tayangan televisi berating tinggi "The Cosby Show" belum pernah digugat sebelumnya.

Bulan ini dia dituduh melecehkan perempuan California, Judy Huth, semasa remaja di Playboy Mansion tahun 1974.

Pengacara Cosby, Marty Singer, menyebut gugatan itu tak pantas dan bahwa komedian berusia 77 tahun yang dia bela merupakan sasaran pemerasan.

Spelman College, perguruan tinggi bersejarah di Atlanta, pada Senin menunda program penamaan profesor tamu setelah Cosby, yang juga sudah mengundurkan diri sebagai wali almamaternya, Temple University.

Cosby menyelesaikan gugatan sipil tahun 2005 tentang tuduhan penyimpangan seksual.

Kebanyakan tuduhan terhadap Cosby, yang terjadi dalam rentang lampau sampai tahun 1960-an, telah melampaui aturan pembatasan, baik untuk tuduhan sipil maupun tuduhan pidana.

Pada Minggu, Cosby memberikan wawancara singkat ke New York Post, meremehkan berita-berita media dan memuji istrinya.

Di antara penggugat Cosby yang profilnya paling tinggi adalah model Janice Dickinson, yang menuduh Cosby memberinya obat bius dan menyerangnya secara seksual tahun 1982. Lalu ada model Beverly Johnson, yang menuduh Cosby memberinya obat bius pada pertengahan 1980an.

Penggugat lainnya, Tamara Green, menuduhnya melakukan pencemaran nama baik.

Singer menyebut tuduhan-tuduhan penyerangan seksual itu sebagai "mendiskreditkan" dan "fitnah".

Penerjemah: Maryati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014