GMIM sangat mendukung suksesnya event nasional ini, bahkan akan merekomendasikan kepada seluruh pimpinan pemuda sinode ikut serta dalam ibadah agung dan Pawai Paskah Pemuda Indonesia (PPPI)
Manado (ANTARA News) - Beberapa denominasi gereja seperti Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM), Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) serta Keuskupan Manado mendukung kongres X Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) yang akan dilaksanakan di Manado 28 April hingga 3 Mei mendatang.

"GMIM sangat mendukung suksesnya event nasional ini, bahkan akan merekomendasikan kepada seluruh pimpinan pemuda sinode ikut serta dalam ibadah agung dan Pawai Paskah Pemuda Indonesia (PPPI)," kata Ketua BPMS GMIM Pdt HWB Sumakul di Manado, Kamis.

Bahkan kata dia, tidak hanya pemuda, seluruh jemaat GMIM diharapkan mendoakan dan ikut menopang kongres yang rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla ini.

"Event ini akan menjadi wadah bagi para pemuda Kristen di Indonesia termasuk di dalamnya pemuda GMIM untuk tidak hanya menggumuli eksistensi dan perjuangan GAMKI tetapi juga menyangkut gereja dan bangsa," katanya,

Sementara menurut Ketua Majelis Daerah GPdI Sulut Pdt Ivone Awuy-Lantu STh, jemaat dan pemuda akan mengambil bagian secara aktif dan mendoakan seluruh rangkaian kegiatan Kongres.

"Sebagai tuan rumah sudah seharusnya pemuda gereja memberi dukungan demi suksesnya kegiatan ini. Dan saya yakin pemuda GPdI akan ikut ambil bagian secara aktif di dalamnya," ujarnya.

Senada dengan Sumakul dan Lantu, Uskup Manado Mgr Josef Suwatan MSC, saat menerima audensi Panpel, juga menyatakan dukungan penuh dan menyambut dengan baik event ini.

"Saya akan mengkoordinasikan langsung kepada para mudika dan jajaran Keuskupan Manado untuk ikut secara aktif menyukseskannya hajatan religius pemuda denominasi gereja se-Indonesia ini," ujarnya.

Uskup juga mengusulkan agar tema yang akan digunakan nanti terkait dengan paskah kebangkitan, keselamatan dan kedamaian, apalagi hajatan ini dilaksanakan di daerah yang dikenal sebagai salah satu daerah yang menjunjung tinggi kerukunan antarumat beragama.

Sebelumnya juga, denominasi Kerapatan Gereja Protestan Minahasa (KGPM) juga menyatakan dukungannya atas suksesnya kongres X GAMKI.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015