Bogor (ANTARA News) - Kepolisian Resor Bogor Kota, Jawa Barat melakukan langkah-langkah antisipatif dan pencegahan terhadap tindak kriminalitas pencurian kendaraan bermotor terutama aksi begal dengan mengintensifkan patroli dan razia guna mempersempit ruang gerak para pelaku kejahatan.

"Upaya preventif terhadap kejahatan pencurian kendaraan bermotor, maupun aksi begal lainnya sudah kita mulai sejak kemarin dengan melakukan patroli gabungan di wilayah Kota Bogor," kata Kepala Bagian Operasi Polres Bogor Kota, Kompol Sahroni, di Bogor, Jumat.

Ia mengatakan patroli gabungan diprioritaskan di lokasi-lokasi yang terindikasi berpotensi tempat terjadi aksi tindak pidana pencurian kendaraan bermotor, pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberat maupun begal.

"Ada enam lokasi yang jadi prioritas kita lakukan patroli silang maupun razia, ini lokasi perbatasan dengan wilayah luar Kota Bogor," katanya.

Enam lokasi prioritas tersebut yakni Cijambu, Salabenda, Bubulak, Jalan tentara Pelajar, Pamoyanan, Jalan MBR Katulampa dan Cimahpar. 

"Hari ini selain patroli juga digelar razia serentah di enam Polsek wilayah Kota Bogor dengan sasaran kejahatan C3 (curat, curas dan curanmor) serta aksi pembegalan," katanya.

Menurut Sahroni, sejauh ini di wilayah Kota Bogor belum terjadi kasus pembegalan. Namun untuk mengimbangi upaya jajaran Polri di wilayah lain untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan pencurian dan begal maka patroli dan razia dilakukan secara intensif.

"Sasaran utama kita tidak hanya begal, tetapi tindak kejahatan seperti pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberat dan pencurian kendaran bermotor," katanya.

Razia antisipasi kejahatan C3 dan begal di jajaran Polsek Bogor Barat sore tadi bertempat di Jalan Raya Bubulak menyita 19 kendaraan bermotor baik yang ditilang karena tidak memenuhi surat-surat dan tidak sesuai standar keselamatan.

"Total ada 15 STNK yang dan empat kendaraan dibawa ke Mapolsek Bogor Barat untuk diamankan," kata Kapolsek Bogor Barat Kompol Indrat Ningtyas.

Selain di Polsek Bogor Barat, razia antisipasi kejahatan pencurian termasuk begal juga dilakukan serentak oleh jajaran Polsek Bogor Utara, Bogor Selatan dan Bogor Timur. Sedangkan Polsek Bogor Tengah dan Tanah Sareal mengintensifkan patroli silang.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015