Jakarta (ANTARA News) - Laba bersih PT Elnusa Tbk, salah satu perusahaan nasional penyedia jasa energi pada kuartal I 2015 tumbuh 20 persen menjadi Rp65 miliar dibandingkan periode yang sama tahun 2014.

"Kinerja positif ini terutama didukung oleh pertumbuhan di segmen jasa hulu, yaitu drilling and oilfield services serta land seismic services yang tumbuh masing-masing sebesar tiga persen dan dua persen," kata Vice President Coorporate Secretary Fajriyah Usman usai pemaparan pada acara "Institutional Investor Day ke-7" di Gedung Bursa Efek Indonesia Jakarta, Rabu.

Sedangkan kinerja anak perusahaan terutama PT Elnusa Petrofin pada segmen jasa hilir minyak dan gas tumbuh dua persen pada kuartal I 2015, lanjutnya.

Ia mengatakan laba kotor perseroan juga menunjukkan pertumbuhan sebesar tujuh persen dan laba usaha tumbuh lima persen.

Kemudian, lanjutnya, laba sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi atau "earnungs before interest, taxes, depreciation and amortization" (EBITDA) meningkat sebesar sembilan persen dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Sedangkan total aset meningkat dua persen dari Rp4,2 triliun pada kuartal I 2014 menjadi Rp4,3 triliun pada kuartal I 2015.

Ia menambahkan strategi perseroan dalam menjaga kekuatan neraca atau "balance sheet" serta ruang pendanaan yang cukup besar guna mendukung rencana investasi pada tahun mendatang tercermin dari menurunnya utang berbunga.

"Utang berbunga mengalami penurunan pada kuartal I 2015 sebesar 22 persen dari Rp540 miliar menjadi Rp420 miliar," katanya.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015