Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilakukan secara rutin beberapa tahun terakhir...
Makassar (ANTARA News) - Yayasan Dompet Duafa mengaktifkan posko kesehatan di Terminal Regional Daya (TRD), Makassar untuk melayani penumpang sepanjang Ramadhan dan pasca mudik.

"Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilakukan secara rutin beberapa tahun terakhir dengan memberikan layanan kesehatan cuma-cuma," kata Ketua Tim Medis dr Zulkarnain di Makassar, Jumat.

Menurut dia, ada dua lokasi yang menjadi lokasi pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis Dompet Dhuafa yakni di TRD dan Terminal Mallengkeri, Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Sulsel.

Dia mengatakan, pelayanan ini akan dilakukan pada H-3 Lebaran begitu pula pada pasca Idul Fitri. Adapun layanan tersebut dimaksudkan untuk mengantisipasi adanya gangguan kesehatan yang dialami oleh sejumlah pemudik.

Bercermin pada tahun sebelumnya, penyakit yang biasanya diderita para pemudik di antaranya adalah pusing, mual-mual, hipertensi, nyeri tubuh dan rematik yang umumnya diderita penumpang di atas usia 30 tahun.

"Untuk hipertensi biasanya dialami oleh penumpang dengan usia 30 tahun ke atas, sementara yang mengalami mual biasanya dialami oleh orang dewasa maupun anak kecil yang disebabkan gangguan lambung," katanya.

Sementara itu, salah seorang penjaga loket di TRD Daya Syamsiah mengatakan, pada pekan pertama Ramadhan jumlah penumpang hanya mengalami peningkatan pada H-1 bulan suci Ramadhan, karena rata-rata penumpang ingin kumpul bersama keluarga pada hari pertama Ramadhan.

"Namun setelah itu, terminal kembali sepi. Nanti pada H-7 barulah aktivitas terminal akan kembali ramai, begitu pula pada saat arus balik akan ramai pada H+3 hingga H+7," katanya.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015