Batam (ANTARA News) - PT Pelni mengoperasikan tiga kapal yaitu KM Kelud, KM Sinabung dan KM Umsini untuk melayani penumpang dengan rute Batam-Tanjungpriuk Jakarta dalam musim mudik Lebaran 2015.

"Kami menambah kapal untuk rute Batam-Jakarta, mengantisipasi lonjakan penumpang," kata Kepala Pelni Cabang Batam Abdullah di Batam Kepulauan Riau, Jumat.

Tiga kapal kapal itu akan ke Jakarta dalam 10 jadwal pelayaran, mulai awal Juli 2015.

Berdasarkan jadwal yang tercantum dalam pelni.co.id, KM Kelud akan berangkat ke Jakarta pada Sabtu (4/7), Selasa (7/7), Kamis (9/7), Minggu (12/7), Selasa (14/7) dan Kamis (16/7).

Kemudian KM Sinabung berangkat pada Kamis (9/7) dan KM Umsini pada Selasa (14/7).

"Ada yang satu hari dua pelayaran ke Jakarta menggunakan kapal berbeda," kata Abdullah.

KM Umsini adalah kapal tambahan yang disiapkan PT Pelni khusus menyambut musim mudik Lebaran 2015. Kapal itu sedianya akan berlayar dari Batam ke Tanjungpriok kemudian melanjutkan pelayaran ke Surabaya, Makassar, Maumere, Larantuka, Lowoleba dan kembali melalui rute yang sama ke Tanjungpriok.

Sedangkan untuk pelayaran tujuan Belawan Medan, Pelni menambah frekuensi pelayaran dari satu pelayaran per pekan, menjadi empat pelayaran selama 10 hari jelang Lebaran.

KM Kelud jurusan Batam-Belawan akan berlayar pada Selasa 7 Juli 2015 (H-10), kemudian Kamis (9/7) atau H-8, Selasa (14/7) atau H-3 dan Kamis (16/7) atau H-1.

Sementara itu, PT Pelni tidak melayani pengiriman barang selama musim mudik Lebaran, demi memaksimalkan pelayanan kepada penumpang.

Sedangkan untuk pengiriman kargo, tetap dilayani karena tidak menggunakan ruang penumpang.

"Untuk kargo curah tidak kami terima, kecuali kargo. Karena kalau kargo tidak mengganggu penumpang," kata dia.

Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015