Makassar (ANTARA News) - Panitia Pemilihan Muktamar Muhammadiyah ke-47 menghitung sebanyak 2.393 surat suara dari 2.568 pemilik suara untuk memilih 13 nama anggota Pimpinan Pusat Muhammadiyah dari 39 nama anggota tetap Muhammadiyah.

Penghitungan suara menggunakan 15 unit komputer di Laboratorium Komputer Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar, Rabu, mulai sekitar 20.30 Wita atau molor sekitar 90 menit dari waktu yang dijadwalkan pukul 19.00 Wita.

Ketua Panitia Pemilihan Muktamar Muhammadiyah ke-47, Dahlan Rais mengatakan, setiap pemilik suara memilih 13 nama calon ketua umum dari 39 nama anggota tetap Muhammadiyah yang tercantum secara alpabetis dalam surat suara.

Itu artinya, jika dari 2.393 surat suara semua sah tanda ada suara tidak sah, maka akan ada 31.109 entri data dari 39 nama yang dipilih.

"Karena banyaknya entri data, maka kami menggunakan 15 unit komputer yang semuanya berjalan secara simultan," kata Dahlan Rais.

Menurut Dahlan, berdasarkan penghitungan, Tim IT meng-entri data sebanyak 31.109 suara dengan kondisi lancar akan membutuhkan waktu sekitar tiga jam.

"Kami harapkan penghitungan suara sudah selesai sebelum pukul 24.00 malam ini," katanya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Panitia Pemilihan, Agung Cahyono menambahkan, agar penghitungan suara berjalan lancar, dari 15 komputer yang digunakan dioperasikan oleh dua orang operator dari mahasiswa.

Di setiap komputer juga ada satu saksi, yakni peserta muktamar dari perwakilan pengurus wilayah Muhammadiyah serta dua orang relawan dari Tim IT.

Panitia pemilih juga menyiapkan dua layar besar yang menampilkan proses penghitungan suara, yakni di depan media center dan di dekat ruangan penyelenggaraan muktamar.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015