Perlunya upaya nyata dari generasi muda sebagai ujung tombak dan simpul pemersatu bangsa dalam rangka membangkitkan kembali semangat patriotisme, wawasan dan rasa kebangsaan di kalangan masyarakat,"
Banda Aceh (ANTARA News) - Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda Mayjen TNI Agus Kriswanto mengajak semua generasi muda di Provinsi Aceh agar meningkatkan pemahaman wawasan kebangsaan.

"Perlunya upaya nyata dari generasi muda sebagai ujung tombak dan simpul pemersatu bangsa dalam rangka membangkitkan kembali semangat patriotisme, wawasan dan rasa kebangsaan di kalangan masyarakat," katanya di Banda Aceh, Jumat.

Menurut dia, perkembangan wawasan kebangsaan yang dimiliki anak-anak bangsa sudah mulai luntur dan apabila dibiarkan dapat dipastikan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini akan terpecah-belah dan pada akhirnya akan memudahkan kekuatan asing menguasai wilayah Indonesia seperti yang terjadi pada jaman penjajahan.

Karena itu, wawasan kebangsaan perlu terus ditingkatkan bagi generasi muda di seluruh Tanah Air.

Di sela-sela membuka seminar wawasan Kebangsaan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang diikuti Mahasiswa se-Aceh di Kodam Iskandar Muda, Agus mengatakan seminar yang digelar tersebut merupakan salah satu wahana membangun, memelihara dan menjalin komunikasi yang harmonis dalam rangka meningkatkan sinergitas, persaudaraan dan rasa kebangsaan.

"Jika suatu saat negara menghadapi ancaman invasi negara luar, maka kita sebagai komponen cadangan harus siap membela bangsa dan negara", katanya.

Seminar yang yang berlangsung di Kodam Iskandar Muda tersebut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 kemerdekaan RI tahun 2015.

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015