Padang (ANTARA News) - Sebanyak lima petak kedai dan empat petak rumah kos di Jalan Jamal Jamil Kelurahan Surau Gadang Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat, terbakar pada Rabu mengakibatkan satu orang meninggal dunia.

Berdasarkan pengakuan dari saksi mata, Surya Yuniati (18) api berasal dari tempat penjualan bensin di depan warung yang langsung menjalar ke warung.

"Saya berteriak dan langsung mengambil air ke rumah untuk menyiram api tersebut, setelah itu warga berdatangan dan meminta korban untuk keluar dari rumah," katanya.

Adapun lima kedai atau warung yang terbakar, yaitu kedai PMD, kedai nasi, kedai kaca mata, kedai photo copy dan satu kedai yang masih kosong.

Warga lainnya yang menyaksikan kebakaran tersebut, Wel (32) mengatakan warga yang meninggal bernama Fatimah (51).

Menurut pengakuannya, korban yang tewas dalam kebakaran tersebut sudah sempat keluar dari rumah, tetapi dia kembali masuk ke kamar mandi dan warga tak bisa menyelamatkannya karena api sudah terlalu besar.

"Entah kenapa dia kembali masuk ke kamar mandi, sementara api sudah semakin besar dan mobil pemadam kebakaran agak terlambat datang," paparnya.

Ia mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.00 Wib sedangkan mobil pemadam datang sekitar setengah jam setelah terjadi kebakaran.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Hary Ferdinand mengatakan api dapat dipadamkan sekitar pukul 11.45 WIB dengan menurunkan empat unit mobil pemadam kebakaran.

"Jalan yang sempit dan warga yang ramai membuat kami kesulitan dalam mematikan api dan mengevakuasi korban," jelasnya.

Ia menyebutkan, korban dievakuasi dalam kondisi sudah hangus terbakar saat ditemukan di dalam kamar mandi, diduga korban sedang mandi saat terjadi kebakaran.

Penyebab kebakaran, katanya, diduga akibat dari arus pendek dan kerugian yang diperkirakan dalam kebakaran ini kurang lebih sekitar Rp500 juta.

Pewarta: Junisman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015