Sudah saatnya ritel modern dan tradisional tumbuh berdampingan, saling bersinergi,"
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyelenggarakan pelatihan manajemen ritel sebagai upaya menjaga kelangsungan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ditengah-tengah kondisi perekonomian yang sedang lemah.

Pelatihan tersebut digelar atas kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dengan salah satu perusahaan waralaba swalayan Alfamart. Pelatihan itu digelar di kantor Wali Kota Jakarta Utara dan diikuti oleh sebanyak 150 pelaku UMKM.

"Tentu saja kami mendukung penuh perusahaan swasta yang bersedia memberikan pelatihan kepada para pedagang tradisional supaya lebih berkembang. Pelatihan ini sifatnya seperti brainstorming," kata Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat di kantor Wali Kota Jakarta Utara, Selasa.

Dalam sambutannya, mantan Wali Kota Blitar itu mengingatkan kepada seluruh pedagang tradisional agar terus memiliki keinginan atau niat yang kuat untuk menjadikan usahanya lebih baik dan maju.

"Karena sebetulnya yang paling penting adalah adanya kesadaran dan keinginan para pelaku usaha untuk terus berkembang. Sehingga, perekonomian keluarga meningkat dan anak-anak bisa disekolahkan sampai sarjana," ujar Djarot.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Corporate Affairs Director Alfamart Solihin menuturkan pelatihan yang melibatkan pelaku UMKM itu akan digelar secara rutin setiap tahun di wilayah-wilayah yang terdapat jaringan toko Alfamart.

"Pelatihan ini bertujuan untuk mengajak para pelaku UMKM, khususnya yang memiliki bisnis ritel agar memahami manajemen ritel modern. Sudah saatnya ritel modern dan tradisional tumbuh berdampingan, saling bersinergi," tutur Solihin.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan materi yang diberikan didalam pelatihan tersebut, diantaranya mengenai manajemen penataan barang, pengaturan stok barang serta manajemen keuangan.

"Selain itu, kami juga memberikan tips mengamati tren pasar terkait produk yang sedang diminati. Menurut kami, pedagang ritel tradisional perlu dibekali dengan ilmu manajemen ritel modern supaya mempunyai daya saing," ungkap Solihin.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015