Kendari (ANTARA News) - Sebanyak 143 kerajaan Nusantara di berbagai daerah di Indonesia akan mengikuti Festival Keraton Nusantara dan Masyarakat Adat ASEAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, 12--15 November 2015.

"Animo kerajaan nusantara untuk mengikuti kegiatan ini sangat tinggi. Sampai hari ini ada 143 kerajaan nusantara yang sudah dipastikan ikut memeriahkan festival keraton dan Masyarakat Adat ASEAN ini," kata Ketua IV Panitia Damsid, di Kendari, Senin.

Selain raja nusantara, ada delapan kerajaan dari luar negeri yang akan memeriahkan kegiatan itu yang berasal dari Belanda, Singapura, Malaysia, Filipina dan Pakistan.

Menurut dia, awal promosi hanya 87 kerajaan yang bersedia ikut, tetapi karena gencarnya pemberitaan terkait rencana kegiatan itu sehingga banyak kerajaan yang ikut mendaftarkan diri.

Dalam festival tersebut ada beberapa kegiatan yang digelar, antara pameran budaya, gelar seni budaya, karnaval budaya dan kegiatan seminar budaya, katanya.

Khusus pameran budaya, para peserta akan memamerkan properti kerajaan masing-masing seperti senjata peperangan milik kerajaan dan pakain kebesaran raja dari setiap kerajaan.

"Kami sudah melakukan berbagai persiapan, mulai dari penjemputan semua raja-raja yang akan datang, tempat tinggal mereka dan mobilisasi mereka ke tempat kegiatan berlangsung, hingga pemulangan raja-raja," katanya.

Ia berharap, agar seluruh pelaksanaan kegiatan hingga berakhirnya kegiatan bisa berjalan dengan sukses dan aman, sehingga tamu-tamu juga bisa merasakan kenyamanan.

Pewarta: Suparman
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015