Jakarta (ANTARA News) - Produsen minuman isotonik Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd menyusun misi untuk menjadikan Pocari Sweat menjadi minuman pertama yang akan meluncur dan mendarat ke bulan.

"Misi ini diharapkan mampu menginspirasi masyarakat khususnya generasi muda agar berani bermimpi dan mewujudkannya, khususnya di bidang sains dan teknologi," kata Head of Marketing Pocari Sweat Daniel Pieter di Jakarta, Rabu.

Miuman isotonik itu bekerja sama dengan Astrocale sebagai pakar desain dan teknologi antariksa untuk meluncurkan produk tersebut dalam bentuk bubuk meluncur ke bulan pada musim panas 2016 melalui sebuah proyek yang diberi nama Lunar Dream Project.

Ide tersebut terinspirasi dari bukti-bukti yang ditemukan National Aeronautics and Space Administration (NASA) bahwa terdapat tanda-tanda adanya air di bulan.

"Kami berharap, suatu hari nanti salah satu anak Indonesia dapat terbang ke bulan dan menikmati Pocari Sweat di sana, menggunakan air yang ada di bulan," ujar Daniel.

Head of Lunar Dream Project Committee Nobu Okada yang memimpin keseluruhan desain dan manajemen teknologi Lunar Dream Project mengatakan bahwa minuman isotonik tersebut akan dibawa oleh pesawat tanpa awak moon lander "Griffin" yang akan menempuh jarak 38.000 km.

Menurutnya, peluncuran tersebut akan dilakukan di Florida, Amerika Serikat, di mana bubuk minuman tersebut disimpan dalam "time capsule" yang dirancang khusus untuk misi ini.

"Biasanya, peluncuran ke bulan hanya dilakukan oleh beberapa negara seperti AS, Tiongkok dan Rudia. Ini pertama kalinya pihak swasta melakukan ini," ujar Nobu.

Ia menambahkan bahwa dengan kemesan yang dirancang, bubuk Pocari Sweat bisa bertahan lama hingga seseorang menemukannya dan dapat dinikmati.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015