Jakarta (ANTARA News) - Mantan Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel, secara resmi mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2015-2020.

Rachmat menyatakan keikutsertaan dalam bursa calon ketua umum asosiasi pengusaha ini karena pengalaman dirinya selama bertahun-tahun menjadi pengurus Kadin Pusat.

"Saya ini pernah menjadi pengurus Kadin sejak zamannya Pak Ical (Abu Rizal Bakrie), Pak Hidayat (MS Hidayat) dan Pak Suryo (Suryo Bambang Sulisto) di mana saya menjabat sebagai Wakil Ketua Umum di bidang infrastruktur. Sebelumnya di Wakil Kadin bidang Industri dan Wakil Kadin bidang Kelautan," ujar Rachmat usai pendaftaran dirinya di Jakarta, Senin.

Alasan lain, ungkap dia, karena keinginan memperkuat posisi Kadin di Indonesia serta merealisasikan peta jalan Kadin 2020-2030 yang pernah disusunnya. Di mana, dalam roadmap ini berisi tentang penguatan sektor industri dalam negeri.

"Keinginan saya, ingin membangun DNA pengusaha-pengusaha dan memperkuat posisi Kadin ke depan. Saya pernah memprakarsai untuk membuat peta jalan 2020-2030. Peta jalan itu menjadikan Indonesia sebagai negara industri di era globalisasi, kita bisa harus bisa jadi negara industri," jelas dia.

Rachmat menambahkan tujuannya mencalonkan diri di bursa pemilihan Kadin untuk mempersatukan organisasi tersebut dan menjadikan Kadin sebagai mitra pemerintah yang disegani, menjadikan pelaku usaha nasional yang tangguh serta inovatif dalam menghadapi persaingan global.

"Saya maju karena komitmen memajukan pengusaha Indonesia," cetus dia.

Rachmat mengatakan ada tiga target yang akan dia capai bila terpilih sebagai Ketua Umum Kadin yakni mempersatukan Kadin menjadi wadah bagi semua pengusaha maupun asosiasi pengusaha, menjadikan Kadin sebagai mitra setara pemerintah yang disegani, dan menjadikan pelaku-pelaku usaha tangguh dan inovatif dalam persaingan pasar global.

Pewarta: Indriani
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015