... tidak menambah ketinggian bangunan, tidak bermain layang-layang, serta tidak membakar sesuatu yang membuat asap tebal sehingga mengganggu jarak pandang pilot...
Palu, Sulawesi Tengah (ANTARA News) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, meminta kepada seluruh warga yang bermukim di sekitaran Bandara Mutiara Sis Aljufri, Palu, untuk tidak mengganggu keselamatan dan keamanan penerbangan di bandara itu.

Pejabat pemerintahan Kota Palu, Arfan, di Palu, Jumat, mengatakan, "Kami minta kepada masyarakat di sekitar penerbangan meliputi masyarakat Kelurahan Petobo, Kawatuna, Birobuli, Lasoani untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat mengganggu penerbangan."

"Masyarakat yang bermukim di sekitar Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan tidak menambah ketinggian bangunan, tidak bermain layang-layang, serta tidak membakar sesuatu yang membuat asap tebal sehingga mengganggu jarak pandang pilot," kata dia. 

"Keselamatan penerbangan juga dibutuhkan partisipasi positif dari masyarakat yaitu tidak membakar rumput, atau sampah yang membuat asap tebal, serta tidak bermain layang-layang di sekitaran bandara dan jalur penerbangan," sebutnya.

Terkait hal itu Lurah Petobo Kecamatan Palu Selatan, Nur Hasan, mengakui aktivitas warga setempat yang berpotensi mengganggu keselamatan dan keamanan penerbangan, di antaranya meledakkan petasan di waktu-waktu tertentu yang dinilai dapat menggangu aktivitas penerbangan.

Dia juga menghimbau warganya tidak merusak instrumen navigasi penerbangan, di antaranya lampu-lampu penuntun pendaratan dan lepas landas. 

Pewarta: Muhamma Hajiji
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016