Setelah kami lihat apa saja yang diperlukan tentu saja langkah selanjutnya akan kami kirimkan bantuan,"
Yogyakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan pemerintah segera menyalurkan bantua logistik kepada korban bencana longsor di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah setelah melihat apa saja yang diperlukan.

"Setelah kami lihat apa saja yang diperlukan tentu saja langkah selanjutnya akan kami kirimkan bantuan," kata Menteri Puan di Kompleks Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Senin.

Menurut Puan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Tim SAR, dan Palang Merah Indonesia (PMI) telah melakukan berbagai upaya tindak lanjut penanganan korban di Purworejo dan 16 kabupaten/kota dengan berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabnowo.

"Masyarakat sudah kami evakuasi di tempat yang aman, menurut informasi yang saya terima," kata Puan.

Langkah tindak lanjut meliputi pencarian korban, serta penanganan korban luka-luka, menurut dia, juga dipastikan akan terus dilakukan.

"Bersamaan dengan momen bulan Ramadhan ini, kami mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga korban yang terkena bencana," kata Puan.

Sebelumnya, Bupati Purworejo Agus Bastian mengatakan jumlah korban tanah longsor yang terjadi pada Sabtu (18/6) ada 62 orang, terdiri atas 33 orang meninggal, 16 orang luka-luka dan sisanya 13 orang belum ditemukan.

Pada Senin (20/6) pagi, tim SAR dan relawan kembali menemukan sebanyak delapan orang tewas di lokasi longsor di Dusun Caok, Desa Karangrejo, dan Desa Donorati, Loano, Kabupaten Purworejo.

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016