Holding akan menciptakan efisiensi apalagi PGN dan Pertamina melalui anak usahanya PT Pertamina Gas (Pertagas) memiliki pangsa pasar yang sama. Market share seharusnya bertambah karena penguasaan sektor hilir migas dengan penggabungan kedua perusahaa
Jakarta (ANTARA News) - Penggabungan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) atau PGN ke dalam PT Pertamina (Persero) yang juga menjadi perusahaan holding akan membuat penguasaan sektor hilir minyak dan gas makin besar.

"Holding akan menciptakan efisiensi apalagi PGN dan Pertamina melalui anak usahanya PT Pertamina Gas (Pertagas) memiliki pangsa pasar yang sama. Market share seharusnya bertambah karena penguasaan sektor hilir migas dengan penggabungan kedua perusahaan akan semakin besar," kata anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Partai Golkar, Satya W Yudha di Jakarta, Jumat.

Menurut Satya, dengan operasional yang makin efisien, keuntungan yang bisa diperoleh holding BUMN tersebut akan makin besar. Dengan keuntungan yang makin besar, investasi yang bisa dialokasikan juga berpotensi meningkat pesat.

"Otomatis jika efisien tentu bisa meningkatkan investasi karena pasti akan timbul keuntungan dengan adanya keuntungan bisa dibuat ulang investasi lainnya dengan sektor yang sama," ungkap Satya.

Tahun ini Pertamina menganggarkan belanja modal 366,3 juta dolar AS untuk pemanfaatan gas atau 6,9 persen dari total investasi perseroan yang mencapai 5,31 miliar dolar. Sementara itu, belanja modal PGN tahun ini sekitar 500 juta dolar AS.

Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah memutuskan untuk menggabungkan PGN ke dalam Pertamina. Realisasi penggabungan kedua BUMN menunggu terbitnya Peraturan Pemerintah tentang pembentukan holding BUMN.

Menurut staf pengajar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Berly Martawardaya, pembentukan holding memang tidak akan serta merta meningkatkan keuntungan dari kedua perusahaan yang digabungkan. Biasanya, menurut dia, pada 1-2 tahun pertama merupakan masa penyesuaian dan reorganisasi serta penggabungan budaya kerja.

"Jika semua berjalan lancar dan market bagus maka pada tahun ketiga, holding akan berpotensi meningkatkan margin dan keuntungannya," katanya.

Berly menilai keuntungan utama dari penggabungan PGN ke dalam Pertamina adalah sinergi dan koordinasi. Sehingga pembeli dan penjual gas bisa berurusan hanya dengan satu entitas. Selain itu, dengan menurunnya cost of transaction dan single agency benefit, berpotensi untuk menarik investasi yang lebih besar.

Kepala Pusat Studi Ketahanan Energi Universitas Pertahanan, Herman Agustiawan menambahkan pembentukan holding seharusnya dapat mensinergikan semua operasi Pertamina dan PGN dalam satu kendali perencanaan dan kegiatan operasional sehingga akan lebih efektif dan efisien.

"Penggabungan diharapkan bisa menjamin tidak ada lagi duplikasi investasi dan kegiatan bisnis pada region yang sama sehingga percepatan pengembangan jaringan infrastruktur akan lebih terjamin dan optimal," katanya.

Herman mengatakan efisiensi pada sisi investasi dan kegiatan operasi, selain untuk meningkatkan kinerja perusahaan yang berdampak pada bertambahnya revenue juga untuk peningkatan kepastian pasokan, perbaikan kualitas layanan kepada pelanggan serta pada akhirnya bisa menurunkan biaya penyaluran.

"Terakhir, tentunya berdampak kepada harga yang terjangkau dan berdampak positif bagi tumbuh dan berkembangnya industri padat energi yang kompetitif," tegasnya.

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016