Purwakarta (ANTRA News) - Kepolisian akan menerapkan sistem buka-tutup "rest area" atau tempat istirahat di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mengantisipasi kemacetan pada puncak arus balik yang diperkirakan berlangsung Minggu (10/7).

"Besok (Minggu) rest area akan diatur agar tidak menimbulkan kemacetan akibat antrian kendaraan yang ingin masuk," kata petugas kepolisian dari Polsek Cipeundeuy Brigadir Kusmaman yang ditemui di tempat istirahat di Tol Cipali KM 86, Purwakarta, Sabtu.

Ia menjelaskan sistem buka-tutup akan diterapkan jika rest area dinyatakan penuh oleh pengelola.

"Jadi, kalau nanti penuh, kami akan tutup ini dan langsung alihkan pengemudi ke rest area berikutnya," ujarnya.

Kusmaman mengatakan sejumlah personel polisi akan disiagakan di depan pintu tempat istirahat tol untuk mengatur keluar-masuknya kendaraan roda empat maupun bus berpenumpang.

"Begitu pun pintu keluar, nanti juga akan dijaga di sana, dan langsung dikoordinasikan jika ada yang kosong," tambahnya.

Menurut dia, akan ada lima personel kepolisian dan dua petugas dari komando rayon militer setempat yang berjaga pada satu rest area di Tol Cipali pada puncak arus mudik.

"Hari ini pada pukul 12.00 - 16.00 WIB menjadi jam macet di tol ini, itu juga diprediksi akan jadi waktu-waktu macet besok," jelasnya.

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016