PKK merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan pembangunan, khususnya dalam membangun karakter generasi muda penerus bangsa mulai dari kelompok terkecil, yakni keluarga."
Sawahlunto, Sumbar (ANTARA News) - Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa membuka kegiatan Jambore Kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kota Sawahlunto, Kamis.

"PKK merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan pembangunan, khususnya dalam membangun karakter generasi muda penerus bangsa mulai dari kelompok terkecil, yakni keluarga," kata dia di Sawahlunto, saat memberikan sambutan resminya pada pembukaan kegiatan tersebut.

Jika karakter yang dibangun dalam suatu keluarga baik, maka akan secara otomatis memberikan dampak positif kepada lingkungan sekitar sebagai manfaat langsungnya.

Menurutnya, untuk membangun karakter yang positif tersebut dibutuhkan kerjasama yang baik antar anggota keluarga dan tidak hanya dibebankan pada kaum ibu.

Bila kita telah berhasil menjadikan keluarga yang tentram, sejahtera dan saling menyayangi sesama, maka dapat dipastikan hal-hal negatif tidak akan mampu mempengaruhi anggota keluarga seperti terjerumus penyalahgunaan narkoba, kekerasan dalam rumah tangga dan hal-hal negatif lainnya, jelasnya.

Untuk itu, lanjutnya, PKK sebagai salah satu wadah bagi para ibu untuk belajar diharapkan mampu menjadi sarana komunikasi dalam menjembatani setiap permasalahan yang terjadi dalam keluarga untuk dicarikan jalan keluar yang baik.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak(TP) PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Nevy Irwan Prayitno mengatakan kegiatan jambore PKK kali ini merupakan pelaksanaan untuk yang ke-14 kalinya dan pertama dilaksanakan di Kota Sawahlunto.

Kegiatan ini merupakan salah satu agenda rutin tahunan dari TP PKK Provinsi Sumatera Barat yang bertujuan untuk mengikat tali silaturahmi antara kader-kader PKK seluruh kota dan kabupaten yang ada di Sumatera Barat, tambahnya.

Sehingga mereka dapat saling berbagi pengalaman selama terlibat dalam organisasi ini, untuk kemudian bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari ditengah keluarga dan masyarakat luas.

Terkait kepercayaan pihak pengurus TP-PKK provinsi itu, Wali Kota Sawahlunto, Ali Yusuf mengemukakan pihaknya merasa senang dan bangga.

Kami akan berusaha untuk menjadi tuan rumah yang baik, sehingga para peserta Jambore PKK Terpadu ini merasa betah dan mau kembali berkunjung ke Kota Sawahlunto untuk berwisata kata dia.

Dia menjelaskan, dipilihnya kasawan Camping Ground Kandih sebagai pusat kegiatan tersebut merupakan upaya memperkenalkan kawasan tersebut kepada masyarakat luas sebagai tempat kegiatan luar ruangan, seperti perkemahan dan outbond.

Kawasan ini letaknya cukup strategis karena berdekatan dengan objek wisata Taman Satwa Kandih dan kebun buah, sehingga para peserta dapat mengunjungi objek wisata tersebut hanya dengan berjalan kaki, tambah dia.

Pewarta: Junisman
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016